Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Bahasa Arab Terhadap Motivasi Siswa Dalam Belajar Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren DaruI Hikmah Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren DaruI Hikmah Pekanbaru. Sedang Objeknya Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Bahasa Arab Terhadap Motivasi Siswa Dalam Belajar Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren DaruI Hikmah Pekanbaru. Populasi penelitian adalah seluruh siswa Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren DaruI Hikmah Pekanbaru dengan jumlah 731 siswa. karena jumlah banyak maka peneliti mengambil sample pada kelas VII b1 dan b3. Teknik pengambilan sample adalah dengan purposive sampling. Data penelitian di kumpulkan melalui angket dan observasi. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh bahwa kompetensi pedagogik guru Bahasa Arab berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren DaruI Hikmah Pekanbaru. siswa di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren DaruI Hikmah Pekanbaru. berdasarkan hasil analisis nilai F hitung F table pada taraf signifikan 1 % yaitu: 0,418 dan taraf signifikan 5 % = 0,325. Karena nilai ro =0,436 lebih besar dari “rt” pada taraf signifikan 1 % = 0,418 dan taraf signifikan 5 % = 0,325. Dengan demikian maka Ha ditolak dan Ho diterima. dan ini menandakan bahwa Kompetensi Pedagogik Guru berpengaruh secara signifikan terhadap Motivasi belajar Bahasa Arab Siswa. Kata Kunci: Pengaruh, Kompetensi Pedagogik Guru Bahasa Arab, Motivasi Belajar Bahasa Arab