PENERAPAN STRATEGI PEER LESSONS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA DI KELAS X MADRASAH ALIYAH HASANAH PEKANBARU
Main Author: | Ani Widyawati, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/1354/1/2011_2011419.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/1354/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan strategi Peer Lesson. Melalui strategi ini siswa diharapkan akan lebih terlihat aktif dalam proses pembelajaran kimia, memberikan kesempatan siswa mempelajari sesuatu dengan baik pada waktu yang sama, siswa menjadi narasumber bagi yang lain sehingga terjalin interaksi sosial antara siswa dengan siswa serta dapat bermuara pada peningkatan prestasi belajar siswa. Penelitian ini di lakukan di MA Hasanah Pekanbaru dengan dua siklus. Pada siklus pertama sebagian siswa belum terbiasa dengan kondisi belajar Peer Lessons sehingga dilakukan tindakan degan memberi penjelasan tentang prinsip-prinsip Peer Lessons. Dalam siklus kedua sudah mulai memahami implementasi pembelajaran Peer Lessons dan menunjukkan hasil yang cukup memuaskan. Hal ini dapat dilihat dari hasil hasil belajar siswa yang pada silkus I hanya rata-rata 62,8 menjadi 70,8 pada siklus II. Hasil penelitian persiklus menunjukkan adanya peningkatan dalam memahami materi pelajaran, sejalan dengan berkembangnya aktivitas dan kerja sama dalam kelompok. Nilai rata-rata hasil ulangan harian juga mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata hasil ulangan harian kelas dari 61,2 yang belum mencapai nilai KKM pada tahun sebelumnya, menjadi 70,24 setelah penerapan strategi Peer Lessons. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan strategi Peer Lessons dapat meningkatan hasil belajar siswa.