Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui Efektifitas permainan tiga huruf modal dengan menggunakan metode syamiyah safahiyah untuk Meningkatkan Kemahiran Menulis pada Siswa MTsN 4 Rokan hulu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah permainan tiga huruf modal dengan menggunakan metode syamiyah safahiyah efektif untuk Meningkatkan Kemahiran Menulis Siswa MTSn 4 Rokan hulu?”. Penelitian ini dimulai dari merancang langkah pembelajaran, pelaksanaan, observasi, kemudian test. Populasi penelitian adalah Seluruh Siswa MTsN 4 Rokan hulu dengan jumlah 281 orang tahun ajaran 2017/2018, karena banyaknya jumlah siswa maka peneliti mengambil sampel pada siswa kelas IIC dan IID MTSn 4 Rokan hulu, teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling Subjek penelitian adalah siswa kelas IIC dan IID MTSn 4 Rokan hulu .Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan test. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa Penggunaan permainan tiga huruf modal dengan menggunakan metode syamiyah safahiyah efektif Untuk Meningkatkan Kemahiran Menulis Siswa MTsN 4 Rokan hulu, berdasarkan nilaiTo =2,85 lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi 1% = 2.69 dan taraf signifikansi 5% = 2.02 menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian permainan tiga huruf modal dengan menggunakan metode syamiyah safahiyah Efektif untuk Meningkatkan Kemahiran Menulis Siswa MTsN 4 Rokan hulu. Kata Kunci: Efektifitas, Pemainan Tiga Huruf Modal, Kemahiran Menulis