PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUESTION STUDENT HAVE (QSH) UNTUK MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA DI KELAS X SMA NEGERI 1 CERENTI KECAMATAN CERENTI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Main Author: Rahma Fitri,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
SMA
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/1352/1/2011_2011417.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1352/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam tiga siklus, dimana guru yang berperan langsung dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujan untuk mengetahui apakah penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Question Student Have (QSH) dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa pada pokok bahasan ikatan kimia di kelas X SMA Negeri 1 Cerenti Kecamatan Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi.Tes dilakukan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Observasi dilakukan untuk mengetahui perkembangan guru dan siswa dalam proses pembelajaran berlangsung. Sedangkan dokumentasi dilakukan untuk memperoleh data sekolah, data guru, dan juga data siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata siswa sebelum tindakan adalah 62,67, siklus I 66,67, siklus II 73,00, dan siklus III 78,33, serta ketuntasan belajar siswa (secara klasikal) sebelum tindakan adalah 46,67 %, siklus I 60,00 %, siklus II 73,33 %, siklus III 93,33 %, yang mengalami peningkatan setiap kali pertemuan, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe QSH dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa.