PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON- ELEKTROLIT SERTA REAKSI OKSIDASI-REDUKSI DI KELAS X MA AL-FALAH KECAMATAN TAPUNG HILIR KABUPATEN KAMPAR
Main Author: | Anik Susiawati, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/1351/1/2011_2011416.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/1351/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam tiga siklus, dimana guru yang berperan langsung dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran berdasarkan masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan larutan elektrolit dan non-elektrolit serta reaksi oksidasi-reduksi di kelas X MA AL-FALAH Kecamatan Tapung Hilir Kabupaten Kampar. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Tes dilakukan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Observasi dilakukan untuk mengetahui perkembangan guru dan siswa dalam proses pembelajaran berlangsung. Sedangkan dokumentasi dilakukan untuk memperoleh data sekolah, data guru, dan juga data siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata siswa sebelum tindakan adalah 53,52, siklus I 63,52, siklus II 71,76, dan siklus III 78,23, serta ketuntasan belajar siswa (secara klasikal) sebelum tindakan adalah 35,29%, siklus I 52,94%, siklus II 70,58%, siklus III 82,35%, yang mengalami peningkatan setiap kali pertemuan, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berdasarkan masalah dapat meningkatakan hasil belajar siswa.