Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan rumusan masalah adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara komunikasi multi arah guru terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di SMA N 1 Langgam? Serta tujuan penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang signifikan antara komunikasi multi arah guru terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di SMA N 1 Langgam. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Langgam Kecamatan Langgam. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah pengaruh komunikasi multi arah guru terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Ekonomi di SMA N 1 Langgam Kecamatan Langgam. Dan untuk populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Langgam Kecamatan Langgam yang berjumlah 32 siswa. Dengan sampel menggunakan tekhnik total sampling, yaitu mengambil sampel dengan keseluruhan jumlah populasi, sehingga sampel penelitian ini adalah sebanyak 32 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil dari penelitian menunjukan terdapat pengaruh komunikasi multi arah guru terhadap kreativitas belajar siswa pada pelajaran ekonomi di SMAN 1 Langgam Kecamatan Langgam, hal ini ditunjukan dengan hasil t hitung yakni 5,72 bila di bandingkan dengan t table yakni pada df=322=30 pada taraf signifikan 5% yakni 1,697 sedangkan 1% yakni 2,457, maka dapat dikatakan bahwa t hitung lebih besar dibandingkan t tabel (2,457<5,72>1,697) ini berarti Ha diterima atau terdapat pengaruh komunikasi multi arah guru terhadap kreativitas belajar siswa pada bidang studi ekonomi kelas X SMAN 1 Langgam Kecamatan Langgam dan Ho ditolak. Sedangkan besarnya pengaruh antara komunikasi multi arah terhadap kreativitas belajar siswa adalah sebesar 57,7%, sedangkan selebihnya 42,3% dipengaruhi factor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kata Kunci: Komunikasi Multi Arah Guru, Kreativitas Belajar Siswa