PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON DI SMAN 1 KAMPAR KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Gusnawati,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
SMA
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/1349/1/2011_2011409.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1349/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada pokok bahasan hidrokarbon. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Teknik pengumpul data dalam penelitian ini adalah uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil analisis data uji homogenitas di dapat nilai Fhitung yang diperoleh adalah 1,344, sedangkan nilai Ftabel adalah 1,66. Nilai Fhitung < Ftabel berarti kedua kelompok mempunyai varians yang sama atau homogen. Selanjutnya dilakukan uji dua pihak maka diperoleh nilai thitung = 0,911 dan nilai ttabel adalah 1,98 jadi dapat dinilai thitung terletak antara –ttabel dan ttabel (-1,98<0,911<1,98). Sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua sampel homogen. Hasil data akhir dengan menggunakan t-tes, sehingga diperoleh nilai standar deviasi gabungan (Sg) 10,43. Nilai ttabel untuk uji satu pihak dengan peluang (1-α) dimana α = 0,05 dan dk 79 adalah 1,66. Sedangkan nilai thitung adalah 3,47. Ini berarti nilai thitung > ttabel yaitu 3,47 > 1,66. Dengan pengaruh sebesar 13,22 %. Kata Kunci : Two Stay Two Stray, Hasil Belajar