PENGARUH PENERAPAN STRATEGI LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) TERHADAP KETERAMPILAN BERTANYA SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat siswa yang bertanya dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi Learning Start With a Question (LSQ) terhadap keterampilan bertanya siswa pada materi laju reaksi. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dan diperoleh kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan strategi LSQ dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan lembar observasi, angket pendukung, wawancara, serta dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan Statistical product and Service Solutions (SPSS). Hasil pengolahan data didapatkan nilai signifikansi 0,047 yang menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh strategi pembelajaran Learning Start With a Question terhadap keterampilan bertanya siswa pada materi laju reaksi. Kata Kunci: Learning Start With a Question (LSQ), Keterampilan Bertanya, Laju Reaksi