Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tuntutan untuk para guru agar dapat melaksanakan kompetensi dengan baik sesuai dengan peaturan pemerintah yang mana guru harus memiliki 4 kompetensi yaitu salah satunya kompetensi pedagogik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kompetensi pedagogik dalam proes pembelajaran oleh guru ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah guru ekonomi, Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah analisis kompetensi pedagogik pada guru mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Pekanbaru. Populasinya adalah semua guru ekonomi yang berjumlah 3 orang, mengingat populasinya tidak mencapai 100 orang, maka penulis tidak mengambil sampel. Pengumpulan data diambil melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul sesuai dengan jenis penelitian ini yaitu kompetensi pedagogik. Berdasarkan hasil observasi dan hasil wawancara menunjukkan bahwa hasil akhir dari observasi dengan persentase jawaban “ya” lebih mendominasi dari pada persentase jawaban “tidak” yakni sebanyak 67,78% yang berada pada rentang 61%-80% sehingga dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik pada guru mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Pekanbaru berada di kategori baik. Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Guru Ekonomi