PENERAPAN MODEL SINEKTIK (SYNECTICS) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS VD DI SEKOLAH DASAR NEGERI 028 KUBANG JAYA KECAMATAN SIAK HULU KABUPATEN KAMPAR
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui Penerapan Model pembelajaran Sinektik (Synectics) di kelas V D Sekolah Dasar Negeri 028 Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang di pengaruhi oleh kurangnya inisiatif siswa dalam mengemukakan ide dan gagasan ketika bekerjasama dalam mengerjakan tugas kelompok. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang subjeknya adalah guru dan siswa kelas V D Sekolah Dasar Negeri 028 Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar,sedangkan objeknya Model Sinektik (Synectics) dan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.tindakan perbaikan dalam Penelitian ini di laksanakan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi, sedangkan datanya dianalisis menggunakan rumus persentase. hasil penelitian dan analisa data dapat menunjukkan bahwa penerapan Model Sinektik (Synectics) mampu meningkatkan kreativitas belajar siswa. hal tersebut tampa pada peningkatan grafik kreativitas belajar siswa yang semula hanya berada di angka 54,16% pada Pra-Siklus, meningkat menjadi 71.38 % pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 87,08% pada siklus II.dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Sinektik (Synectik) dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas VD Sekolah Dasar Negeri 028 Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar. Kata Kunci: Model Pembelajaran Sinektik (Synectics), Kreativitas Belajar Siswa.