PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA BAHASAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT SISWA KELAS X PONDOK PESANTREN MUALLIMIN MUHAMMADIYAH KECAMATAN BANGKINANG
Main Author: | Roswati, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/1346/1/2011_2011338.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/1346/ |
ctrlnum |
1346 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/1346/</relation><title>PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR 
SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA 
BAHASAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT 
SISWA KELAS X PONDOK PESANTREN MUALLIMIN 
MUHAMMADIYAH KECAMATAN BANGKINANG</title><creator>Roswati, </creator><subject>373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi dari kenyataan yang menunjukkan bahwa 
hasil belajar IPA khususnya pada pelajaran kimia umumnya rendah, dikarenakan 
kurangnya fasilitas laboratorium sebagai penunjang proses pembelajaran kimia, 
kurangnya alat peraga sehingga kurang menimbulkan motivasi siswa untuk 
mengemukakan ide-ide, serta kurangnya keterampilan sosial siswa dalam 
penerapan konsep, sehingga siswa lebih banyak belajar teori dari pada praktek 
labor. Dan faktor lainnya adalah sulitnya siswa memahami materi sehingga siswa 
tidak mampu memotivasi teman untuk memberikan pendapat atau ide, sulitnya 
siswa memusatkan perhatian sehingga siswa tidak mendapat informasi atau 
penyesalan dari teman kelompok ataupun guru, dan kurangnya aktivitas siswa 
dalam membangun pengetahuan. Disamping itu ada sebagian siswa yang masih 
belum aktif bekerjasama dalam kelompok, meneruskan tugas yang menjadi 
tanggung jawabnya dan masih kurangnya siswa dalam bertanya. 
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kimia 
siswa kelas X Pondok Pesantren Muallimin Muhammadiyah Bangkinang semester 
genap tahun pelajaran 2009/2010 pada materi pokok larutan elektrolit dan 
nonelektrolit melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Subjek 
penelitian ini adalah siswa kelas X Pondok Pesantren Muallimin Muhammadiyah 
Bangkinang semester genap tahun pelajaran 2009/2010. Jumlah siswa sebanyak 
24 orang siswa yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa 
perempuan. Tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 
1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) 
Refleksi. 
Berdasarkan analisis hasil penelitian dan pembahasan seperti telah 
diuraikan sebelumnya diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model 
pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil 
belajar kimia siswa kelas X Pondok Pesantren Muallimin Muhammadiyah 
Bangkinang. Hal ini tergambar dari hasil ketuntasan belajar yang diperoleh oleh 
siswa telah sesuai dengan ketetapan ketuntasan belajar yang ditetapkan di kelas 
tersebut. hasil belajar siswa sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal sesuai 
dengan yang ditetapkan, dimana dari 24 orang siswa sudah tuntas sebanyak 20 
orang siswa, atau berada di atas ketuntasan secara klasikal (75%).</description><date>2011-01-18</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/1346/1/2011_2011338.pdf</identifier><identifier> Roswati, (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA BAHASAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT SISWA KELAS X PONDOK PESANTREN MUALLIMIN MUHAMMADIYAH KECAMATAN BANGKINANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>1346</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Roswati, |
title |
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR
SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA
BAHASAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT
SISWA KELAS X PONDOK PESANTREN MUALLIMIN
MUHAMMADIYAH KECAMATAN BANGKINANG |
publishDate |
2011 |
topic |
373.238 Sekolah Menengah Atas SMA |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/1346/1/2011_2011338.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/1346/ |
contents |
Penelitian ini dilatarbelakangi dari kenyataan yang menunjukkan bahwa
hasil belajar IPA khususnya pada pelajaran kimia umumnya rendah, dikarenakan
kurangnya fasilitas laboratorium sebagai penunjang proses pembelajaran kimia,
kurangnya alat peraga sehingga kurang menimbulkan motivasi siswa untuk
mengemukakan ide-ide, serta kurangnya keterampilan sosial siswa dalam
penerapan konsep, sehingga siswa lebih banyak belajar teori dari pada praktek
labor. Dan faktor lainnya adalah sulitnya siswa memahami materi sehingga siswa
tidak mampu memotivasi teman untuk memberikan pendapat atau ide, sulitnya
siswa memusatkan perhatian sehingga siswa tidak mendapat informasi atau
penyesalan dari teman kelompok ataupun guru, dan kurangnya aktivitas siswa
dalam membangun pengetahuan. Disamping itu ada sebagian siswa yang masih
belum aktif bekerjasama dalam kelompok, meneruskan tugas yang menjadi
tanggung jawabnya dan masih kurangnya siswa dalam bertanya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kimia
siswa kelas X Pondok Pesantren Muallimin Muhammadiyah Bangkinang semester
genap tahun pelajaran 2009/2010 pada materi pokok larutan elektrolit dan
nonelektrolit melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas X Pondok Pesantren Muallimin Muhammadiyah
Bangkinang semester genap tahun pelajaran 2009/2010. Jumlah siswa sebanyak
24 orang siswa yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa
perempuan. Tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu:
1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4)
Refleksi.
Berdasarkan analisis hasil penelitian dan pembahasan seperti telah
diuraikan sebelumnya diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil
belajar kimia siswa kelas X Pondok Pesantren Muallimin Muhammadiyah
Bangkinang. Hal ini tergambar dari hasil ketuntasan belajar yang diperoleh oleh
siswa telah sesuai dengan ketetapan ketuntasan belajar yang ditetapkan di kelas
tersebut. hasil belajar siswa sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal sesuai
dengan yang ditetapkan, dimana dari 24 orang siswa sudah tuntas sebanyak 20
orang siswa, atau berada di atas ketuntasan secara klasikal (75%). |
id |
IOS7815.1346 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:05:09Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:05:09Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821881389121536 |
score |
17.538404 |