PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA BAHASAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT SISWA KELAS X PONDOK PESANTREN MUALLIMIN MUHAMMADIYAH KECAMATAN BANGKINANG

Main Author: Roswati,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
SMA
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/1346/1/2011_2011338.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1346/
ctrlnum 1346
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/1346/</relation><title>PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR &#xD; SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA &#xD; BAHASAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT &#xD; SISWA KELAS X PONDOK PESANTREN MUALLIMIN &#xD; MUHAMMADIYAH KECAMATAN BANGKINANG</title><creator>Roswati, </creator><subject>373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi dari kenyataan yang menunjukkan bahwa &#xD; hasil belajar IPA khususnya pada pelajaran kimia umumnya rendah, dikarenakan &#xD; kurangnya fasilitas laboratorium sebagai penunjang proses pembelajaran kimia, &#xD; kurangnya alat peraga sehingga kurang menimbulkan motivasi siswa untuk &#xD; mengemukakan ide-ide, serta kurangnya keterampilan sosial siswa dalam &#xD; penerapan konsep, sehingga siswa lebih banyak belajar teori dari pada praktek &#xD; labor. Dan faktor lainnya adalah sulitnya siswa memahami materi sehingga siswa &#xD; tidak mampu memotivasi teman untuk memberikan pendapat atau ide, sulitnya &#xD; siswa memusatkan perhatian sehingga siswa tidak mendapat informasi atau &#xD; penyesalan dari teman kelompok ataupun guru, dan kurangnya aktivitas siswa &#xD; dalam membangun pengetahuan. Disamping itu ada sebagian siswa yang masih &#xD; belum aktif bekerjasama dalam kelompok, meneruskan tugas yang menjadi &#xD; tanggung jawabnya dan masih kurangnya siswa dalam bertanya. &#xD; Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kimia &#xD; siswa kelas X Pondok Pesantren Muallimin Muhammadiyah Bangkinang semester &#xD; genap tahun pelajaran 2009/2010 pada materi pokok larutan elektrolit dan &#xD; nonelektrolit melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Subjek &#xD; penelitian ini adalah siswa kelas X Pondok Pesantren Muallimin Muhammadiyah &#xD; Bangkinang semester genap tahun pelajaran 2009/2010. Jumlah siswa sebanyak &#xD; 24 orang siswa yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa &#xD; perempuan. Tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: &#xD; 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) &#xD; Refleksi. &#xD; Berdasarkan analisis hasil penelitian dan pembahasan seperti telah &#xD; diuraikan sebelumnya diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model &#xD; pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil &#xD; belajar kimia siswa kelas X Pondok Pesantren Muallimin Muhammadiyah &#xD; Bangkinang. Hal ini tergambar dari hasil ketuntasan belajar yang diperoleh oleh &#xD; siswa telah sesuai dengan ketetapan ketuntasan belajar yang ditetapkan di kelas &#xD; tersebut. hasil belajar siswa sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal sesuai &#xD; dengan yang ditetapkan, dimana dari 24 orang siswa sudah tuntas sebanyak 20 &#xD; orang siswa, atau berada di atas ketuntasan secara klasikal (75%).</description><date>2011-01-18</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/1346/1/2011_2011338.pdf</identifier><identifier> Roswati, (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA BAHASAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT SISWA KELAS X PONDOK PESANTREN MUALLIMIN MUHAMMADIYAH KECAMATAN BANGKINANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>1346</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Roswati,
title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA BAHASAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT SISWA KELAS X PONDOK PESANTREN MUALLIMIN MUHAMMADIYAH KECAMATAN BANGKINANG
publishDate 2011
topic 373.238 Sekolah Menengah Atas
SMA
url http://repository.uin-suska.ac.id/1346/1/2011_2011338.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1346/
contents Penelitian ini dilatarbelakangi dari kenyataan yang menunjukkan bahwa hasil belajar IPA khususnya pada pelajaran kimia umumnya rendah, dikarenakan kurangnya fasilitas laboratorium sebagai penunjang proses pembelajaran kimia, kurangnya alat peraga sehingga kurang menimbulkan motivasi siswa untuk mengemukakan ide-ide, serta kurangnya keterampilan sosial siswa dalam penerapan konsep, sehingga siswa lebih banyak belajar teori dari pada praktek labor. Dan faktor lainnya adalah sulitnya siswa memahami materi sehingga siswa tidak mampu memotivasi teman untuk memberikan pendapat atau ide, sulitnya siswa memusatkan perhatian sehingga siswa tidak mendapat informasi atau penyesalan dari teman kelompok ataupun guru, dan kurangnya aktivitas siswa dalam membangun pengetahuan. Disamping itu ada sebagian siswa yang masih belum aktif bekerjasama dalam kelompok, meneruskan tugas yang menjadi tanggung jawabnya dan masih kurangnya siswa dalam bertanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas X Pondok Pesantren Muallimin Muhammadiyah Bangkinang semester genap tahun pelajaran 2009/2010 pada materi pokok larutan elektrolit dan nonelektrolit melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Pondok Pesantren Muallimin Muhammadiyah Bangkinang semester genap tahun pelajaran 2009/2010. Jumlah siswa sebanyak 24 orang siswa yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berdasarkan analisis hasil penelitian dan pembahasan seperti telah diuraikan sebelumnya diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas X Pondok Pesantren Muallimin Muhammadiyah Bangkinang. Hal ini tergambar dari hasil ketuntasan belajar yang diperoleh oleh siswa telah sesuai dengan ketetapan ketuntasan belajar yang ditetapkan di kelas tersebut. hasil belajar siswa sudah memenuhi kriteria ketuntasan minimal sesuai dengan yang ditetapkan, dimana dari 24 orang siswa sudah tuntas sebanyak 20 orang siswa, atau berada di atas ketuntasan secara klasikal (75%).
id IOS7815.1346
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2019-07-31T02:05:09Z
last_indexed 2019-07-31T02:05:09Z
recordtype dc
_version_ 1674821881389121536
score 17.538404