ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA RENGAT KABUPATEN INDRAGIRI HULU
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan rumus persentase, rumusan masalah adalah bagaimanakah penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran ekonomi Sekolah Menengah Atas PGRI Rengat Kabupaten Indragiri Hulu? Serta tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas PGRI Rengat Kabupaten Indragiri Hulu. Subjek dalam penelitian ini adalah guru ekonomi di SMA PGRI Rengat Kabupaten Indragiri Hulu. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah penerapan kurikulum 2013 oleh guru ekonomi di SMA PGRI Rengat Kabupaten Indragiri Hulu. Dan untuk informen penelitian adalah guru ekonomi yang berjumlah 1 guru ekonomi di Sekolah Menengah Atas PGRI Kabupaten Indragiri Hulu. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa analisis penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran ekonomi dapat dilakukan dengan sangat baik sesuai dengan langkah-langkahnya dalam menerapkan kurikulum 2013, sebagaimana berdasarkan hasil penelitian terlihat dari 4 kali observasi dengan guru ekonomi menunjukkan dalam tiap pertemuannya mengalami peningkatan yang baik dalam pelaksanaannya, hal ini terlihat hasil observasi pertama mencapai 59,09%, observasi kedua 81,82%, observasi ketiga 90,91%, dan kempat 95,4%, berdasarkan hasil ini dapat dikatakan penerpaan kurikulum 2013 mengalami peningkatan sangat baik dimana mencapai rata-rata 81%-100% atau dapat dikatakan sempurna dalam penerapannya. Kata Kunci: Penerapan, Kurikulum 2013, Pelajaran Ekonomi