PENGARUH KETELADANAN GURU TERHADAP PERILAKU SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU
ctrlnum |
13455 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/13455/</relation><title>PENGARUH KETELADANAN GURU TERHADAP PERILAKU SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU</title><creator>PUTRI NANDA, </creator><subject>371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besarkah pengaruh 
keteladanan guru terhadap perilaku siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah
Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru. Objek dari penelitian ini adalah pengaruh
keteladanan guru terhadap perilaku siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru yang berjumlah
1140 orang sedangkan sampelnya berjumlah 65 orang. Teknik Pengambilan
sampel yaitu dengan menggunakan teknik simple random sampling sedangkan
untuk menentukan besarnya jumlah sampel digunakan rumus slovin. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik
analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah
dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis
diperoleh nilai r hitung > r tabel baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% (0,250 <
0,688> 0,325) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa ada
pengaruh yang signifikan keteladanan guru terhadap perilaku siswa pada mata
pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru. Tingkat
keteladanan guru diperoleh sebesar 79% dan tingkat perilaku siswa diperoleh
sebesar 80%. Sedangkan besarnya persentase pengaruh keteladanan guru terhadap
perilaku siswa pada mata pelajaran ekonomi adalah sebesar 47,3% sedangkan
sisanya sebesar 52,7% dipengaruhi oleh faktor lain seperti pengalaman pribadi,
lembaga pendidikan, agama dan kebudayaan.

Kata kunci: Keteladanan Guru, Perilaku Siswa</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13455/1/1.%20COVER_2018752PIPS-E.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13455/2/2.%20PENGESAHAN_2018752PIPS-E.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13455/3/3.%20ABSTRAK_2018752PIPS-E.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13455/4/4.%20PENGHARGAAN_2018752PIPS-E.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13455/5/5.%20DAFTAR%20ISI_2018752PIPS-E.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13455/6/6.%20BAB%20I_2018752PIPS-E.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13455/7/7.%20BAB%20II_2018752PIPS-E.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13455/8/8.%20BAB%20III_2018752PIPS-E.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13455/9/9.%20BAB%20IV_2018752PIPS-E.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13455/10/10.%20BAB%20V_2018752PIPS-E.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13455/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA_2018752PIPS-E.pdf</identifier><identifier> PUTRI NANDA, (2018) PENGARUH KETELADANAN GURU TERHADAP PERILAKU SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>13455</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
PUTRI NANDA, |
title |
PENGARUH KETELADANAN GURU TERHADAP PERILAKU SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU |
publishDate |
2018 |
topic |
371 Institusi Pendidikan Sekolah dan Aktifitasnya |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/13455/1/1.%20COVER_2018752PIPS-E.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13455/2/2.%20PENGESAHAN_2018752PIPS-E.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13455/3/3.%20ABSTRAK_2018752PIPS-E.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13455/4/4.%20PENGHARGAAN_2018752PIPS-E.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13455/5/5.%20DAFTAR%20ISI_2018752PIPS-E.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13455/6/6.%20BAB%20I_2018752PIPS-E.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13455/7/7.%20BAB%20II_2018752PIPS-E.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13455/8/8.%20BAB%20III_2018752PIPS-E.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13455/9/9.%20BAB%20IV_2018752PIPS-E.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13455/10/10.%20BAB%20V_2018752PIPS-E.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13455/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA_2018752PIPS-E.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13455/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besarkah pengaruh
keteladanan guru terhadap perilaku siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah
Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru. Objek dari penelitian ini adalah pengaruh
keteladanan guru terhadap perilaku siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru yang berjumlah
1140 orang sedangkan sampelnya berjumlah 65 orang. Teknik Pengambilan
sampel yaitu dengan menggunakan teknik simple random sampling sedangkan
untuk menentukan besarnya jumlah sampel digunakan rumus slovin. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik
analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah
dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis
diperoleh nilai r hitung > r tabel baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% (0,250 <
0,688> 0,325) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa ada
pengaruh yang signifikan keteladanan guru terhadap perilaku siswa pada mata
pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru. Tingkat
keteladanan guru diperoleh sebesar 79% dan tingkat perilaku siswa diperoleh
sebesar 80%. Sedangkan besarnya persentase pengaruh keteladanan guru terhadap
perilaku siswa pada mata pelajaran ekonomi adalah sebesar 47,3% sedangkan
sisanya sebesar 52,7% dipengaruhi oleh faktor lain seperti pengalaman pribadi,
lembaga pendidikan, agama dan kebudayaan.
Kata kunci: Keteladanan Guru, Perilaku Siswa |
id |
IOS7815.13455 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:11:03Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:11:03Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821995698585600 |
score |
17.538404 |