Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui Penerapan Model Pembelajaran Tebak Kata di Kelas III Sekolah Dasar Negeri 37 Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru 1 orang dan siswa sebanyak 32 orang kelas III A Sekolah Dasar Negeri 37 Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan data hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam sebelum dilakukan tindakan hanya 43,75% atau berada pada kategori “Kurang”. Setelah dilakukan tindakan hasil belajar pada siklus I meningkat yaitu 68,75% dengan kategori “Cukup”. Pada Siklus II hasil belajar siswa meningkat lagi menjadi 87,5% dengan kategori “Sangat Baik”. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan Model Pembelajaran Tebak Kata dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 37 Pekanbaru. Kata Kunci: Model Pembelajaran Tebak Kata, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam.