PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PETA PIKIRAN TERHADAP BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH NUR IKHLAS PINANG SEBATANG KECAMATAN TUALANG KABUPATEN SIAK
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Strategi Pembelajaran Peta Pikiran Terhadap Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Nur Ikhlas Pinang Sebatang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan strategi pembelajaran peta pikiran terhadap berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Pinang Sebatang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak”. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan desain The Non Ekuivalen Pretest–Postest Design. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 130 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas IVB sebagai kelas eksperimen dan IVA sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan dokumentasi, observasi dan tes. Analis data yang digunakan yaitu test-t. Uji normalitas mengunakan Chi Kuadrat yang menunjukan Xhitung < Xtabel maka dapat dikatakan bahwa data berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas berdasarkan hasil tes menunjukan Fhitung < Ftabel , sehingga kedua kelas sampel sama atau homogen, selanjutnya, dilakukan analisis data dengan mengunakan tes-t . diperoleh nilai thitung = 2,1899 berarti thitung lebih besar dari ttabel dengan dk = 63. Dengan dk diperoleh dari ttabel pada taraf signifikan 5% sebesar 1,98. Ini berarti thitung > ttabel, maka diputuskan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Peta Pikiran, Berpikir Kreatif Siswa