PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON SISWA KELAS X SMA N 3 KECAMATAN XIII KOTO KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Nurhamzah,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
SMA
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/1345/1/2011_2011326.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1345/
Daftar Isi:
  • Telah dilakukan penelitian tindakan kelas dengan latar belakang penelitian rendahnya aktivitas dan hasil belajar kimia siswa kelas X A SMA N 3 Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Sedangkan rumusan masalah untuk penelitian ini, yaitu: apakah dengan penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kimia siswa kelas X SMA N 3 Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kimia siswa kelas X A SMA Negeri 3 Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar melalui penerapan Strategi Pembelajaran Index Card Match. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan strategi pembelajaran Index Card Match pada proses pembelajaran di kelas X A SMA Negeri 3 Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran sehingga pembelajaran tidak didominasi oleh guru. Dari analisis data tentang keberhasilan tindakan diperoleh fakta bahwa terjadi peningkatan jumlah siswa yang memiliki nilai di atas 65 sesudah tindakan dibandingkan dengan jumlah siswa yang memiliki nilai di atas 65 sebelum tindakan dengan persentase ketuntasan pada ulangan harian I adalah 62,5%. Terjadi peningkatan dari ulangan harian I ke ulangan harian II menjadi 100%.