UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PRACTICE-REHEARSAL PAIRS PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU DARUL HIKMAH PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui Model Practice-Rehearsal Pairs di Kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Darul Hikmah Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa diantaranya, siswa kurang berpartisifasi, siswa kurang mengajukan pertanyaan dan kebanyakan siswa tidak memperhatikan proses pembelajaran.. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penggunaan Model PracticeRehearsal Pairs dan aktivitas belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan aktivitas belajar siswa sebelum tindakan hanya 53,89% dengan kategori Kurang. Kemudian setelah menerapkan Model Practice-Rehearsal Pairs pada siklus I aktivitas belajar siswa hanya mencapai 62,78% dengan kategori Cukup. Pada siklus II aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 80,83% Sangat Baik. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Practice-Rehearsal Pairs dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Model Practice-Rehearsal Pairs, Ilmu Pengetahuan Alam