Daftar Isi:
  • Menjadi pengangguran merupakan suatu hal yang tidak diinginkan terjadi oleh mahasiswa UIN Suska Riau, karena dapat menjadi hambatan untuk memajukan perekonomian. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi pengangguran yaitu dengan berwirausaha. Perlu adanya minat berwirausaha untuk mendorong mahasiswa melakukan wirausaha. Faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha yaitu kecerdasan emosi (Assrorudin, 2014). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosi dengan minat berwirausaha pada mahasiswa UIN Suska Riau. Subjek penelitian sebanyak 375 mahasiswa aktif UIN Suska Riau. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan skala yaitu skala minat berwirausaha yang disusun berdasarkan aspek-aspek minat dari Pintrich (2010) dan skala kecerdasan emosi disusun berdasarkan aspek-aspek kecerdasan emosi dari Goleman (2000). Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan korelasi product moment dari Pearson, dengan bantuan program SPSS 21.0 For Windows. Berdasarkan hasil analisis product moment, diperoleh koefisien korelasi (r) sebesar 0,292, signifikansi (p) 0,000 (<0,01). Artinya, terdapat hubungan yang sangat signifikan antara kecerdasan emosi dengan minat berwirausaha pada mahasiswa UIN Suksa Riau. Sumbangan efektif untuk variabel kecerdasan emosi dengan minat berwirausaha adalah sebesar 8,5 %. Kata Kunci : Kecerdasan Emosi, Minat Berwirausaha