Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematis serta pengetahuan awal siswa kelas VII SMP IT Aziziyah Pekanbaru. Alasan tersebut diperoleh dari hasil wawancara yang dilakukan kepada guru mata pelajaran matematika kelas VII SMP IT Aziziyah Pekanbaru serta hasil analisis penyebaran tes pemahaman konsep dan pengetahuan awal matematis siswa yang ternyata masih rendah. Untuk mengatasi hal tersebut diterapkan Pendekatan Kontekstual. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat ada tidaknya perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis berdasarkan pengetahuan awal matematika antara siswa yang diterapkan pembelajaran menggunakan pendekatan kontekstual dengan siswa yang diterapkan pembelajaran konvensional. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.2 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Instrumen yang digunakan adalah tes pengetahuan awal untuk mengukur pengetahuan awal siswa dan posttest untuk mengukur pemahaman konsep matematika siswa setelah diberi perlakuan. Berdasarkan hasil analisis data tersebut dapat diambil kesimpulan yaitu: 1) Tidak terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, 2) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep antara siswa yang belajar dengan diterapkan pendekatan kontekstual dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional, 3) Tidak terdapat interaksi pendekatan kontekstual berdasarkan pengetahuan awal matematika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Dengan demikian secara umum pendekatan kontekstual berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa namun tidak berpengaruh terhadap pengetahuan awal matematika siswa. Kata Kunci: Pendekatan Kontekstual, Pemahaman Konsep Matematis, Pengetahuan Awal Matematika