PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KETERAMPILAN BERTANYA GURU PAI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 12 PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan bertanya guru PAI terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri12 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru. Sedangkan objek penelitian ini adalah persepsi siswa tentang keterampilan guru bertanya Pendidikan Agama Islam. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru yang berjumlah 417 orang. Penarikan sampel penulis menggunakan teknik purposive sampling sebesar 25% dengan jumlah 50 orang siswa XI MIPA. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul lalu dianalisa dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik korelasi. Untuk menganalisanya penulis menggunakan teknik korelasi product moment dan bantuan program SPSS Windows for Ver.16. Berdasarkan penyajian dan analisa data maka dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa tentang keterampilan bertanya guru tergolong “positif” dengan persentase 72,18 %. Sedangkan motivasi belajar siswa Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru tergolong “Tinggi” dengan persentase 76,18 %. Dengan demikian ada pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang keterampilan bertanya guru terhadap motivasi belajar siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 12 Pekanbaru. Berdasarkan analisis korelasi diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,534. Nilai probabilitas < 0,05 (0,000< 0,05) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sedangkan kontribusi pengaruh pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan bertanya guru terhadap motivasi belajar siswa sebesar 28,6%. Dan selebihnya yakni 71,4% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain. Kata Kunci: Persepsi siswa, Keterampilan Bertanya Guru, Motivasi Belajar Siswa