PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU DARUL HIKMAH PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan Penerapan Strategi Pembelajaran Role Playing. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa sehingga belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu 70. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 28 orang siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah strategi pembelajaran role playing dan hasil belajar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus setiap siklus dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Berdasarkan analisis data bahwa penerapan strategi pembelajaran role playing dapat meningkatkan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa sebelum tindakan hanya mencapai 53,57% tergolong “kurang”. Setelah menerapkan strategi pembelajaran role playing pada siklus I hasil belajar siswa meningkat menjadi 71.43% tergolong “baik”. Pada siklus II meningkat menjadi 89,29% tergolong “amat baik”. Kata kunci: Hasil Belajar, Strategi Role Playing, IPS