Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yaitu peneliti berperan langsung sebagai guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektifitas Penggunaan Metode Natural Methode Komunikatif dengan untuk Meningkatkan Kemahiran Berbicara Siswa, dengan melihat ada tidaknya perbedaan penguasaan kemahiran berbicara siswa kelas eksperimen dan kontrol. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah "Apakah Penggunaan Natural Methode Efektif untuk Meningkatkan Kemahiran. Berbicara Siswa di MTs Darul Falah Langgam?. subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A dan VIII B di MTs Darul Falah Langgam, sedangkan objeknya adalah Efektifitas. Penggunaan Natural Methode dngan Teknik Latihan Komunikatif'. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas Vlll MTs Darul Falah Langgam Kabupaten Pelalawan dan sampelnya adalah siswa kelas VIII A dan VIII B. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah observasi dan test. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa dalam proses pembelajaran terdapat perbedaan kemahiran berbicara siswa antara kelas yang menggunakan Natural Methode dengan teknik latihan komunikatif dan tanpa Natural Methode dengan teknik latihan komunikatif yang mana T0 lebih besar daripda T1 pada taraf signifkan 1% dan 5% dengan nilai 2,02>4.98<2.69. ini berarti bahwa H0 ditolak dan H, diterima. Dengan kata lain Penggunaan Natural Methode dengan Teknik Latihan Komunikatif Efektif untuk Meningkatkan kemahiran berbicara Siswa di MTs Darul Falah Langgam Kabupaten Pelalawan". Hasil observasi sebesar 94,4% dengan kategori Sangat Baik . Kata Kunci: Efektifltas, Metode, Teknik, Kemahlran Berbicara