Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian semi-eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan metode Muadalah dengan media kubus stuktur pada pembelajaran bahasa arab untuk penguasaan jumlah fi’liyah siswa Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 02 Pekanbaru. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah Metode Muadalah dengan Media Kubus Struktur pada pembelajaran Bahasa Arab Efektif untuk Penguasaan Jumlah Fi’liyah Siswa Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 02 Pekanbaru?”. Penelitian ini dimulai dari merancang langkah pembelajaran, pelaksanaan, observasi, kemudian test. Populasi penelitian adalah Siswa Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 02 Pekanbaru 2017/2018, dengan sampel siswa kelas 2 B dan 2 A Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 02 Pekanbaru. Subjek penelitian adalah guru bahasa Arab dan siswa kelas 2 B dan 2 A Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyah 02 Pekanbaru. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan test. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa dalam proses pembelajaran terdapat perbedaan penguasaan Jumlah Fi’liyah antara kelas yang menggunakan metode Muadalah dan kubus struktur dengan yang tanpa menggunakan metode Muadalah dan kubus struktur. Karena nilai To = 3.5 lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi 1% = 2.65 dan taraf signifikansi 5% = 2.00. ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain Metode Muadalah dengan Media Kubus Struktur efektif untuk Penguasaan Jumlah Fi’liyah Siswa Madrasah Tsanawiyah Muhammadiyyah 02 Pekanbaru. Kata Kunci: Efektifitas, Metode, Media, Jumlah Fi’liyah.