ANALISIS KESALAHAN PENULISAN KATA SIFAT DALAM KARANGAN (INSYA’) SISWA MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK MODERN AL-KAUTSAR PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan – kesalahan penulisan kata sifat dalam karangan (Insya’) siswa Kelas III Madrasah Tsanawiyah Pondok Modern Al-Kautsar Pekanbaru tahun ajaran 2017-2018. Adapun desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualittatif. Dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui analisa, ujian dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti menganalisis kesalahan-kesalahan sintaksis, khususnya pada kata sifat yang dilakukan dengan empat tahap. Pertama, mengidentifikasi kesalahan. Kedua, mengklasifikasikan kesalahan. Ketiga, memperbaiki kesalahan. Keempat, menjelaskan kesalahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah seluruh kesalahan penulisan kata sifat dalam karangan (Insya’) siswa kelas III Madrasah Tsanawiyah Pondok Modern Al-Kautsar Pekanbaru tahun ajaran 2017-2018 adalah 312 kesalahan dengan rincian sebagai berikut : kesalahan dalam dilalah 12 kesalahan (3,84%), i’rob 187 kesalahan (59,93%), imla’ 45 kesalahan (14,42%), ta’rif dan tankir 38 kesalahan (12,17%), tadzkir dan ta’nits 10 kesalahan (3,20%), huruf ma’ani 14 kesalahan (4,48%), uslub 3 kesalahan (0,96%), mu’jam 2 kesalahan (0,64%), dhomair 1 kesalahan (0,32%). Adapun kesalahan yang paling banyak terjadi adalah kesalahan pada i’rob yang mana jumlahnya mencapai 187 kesalahan (59,93%). Dan kesalahan yang paling sedikit adalah kesalahan pada dhomair yang jumlahnya hanya 1 kesalahan (0,32%). Diantara faktor-faktor kesalahan-kesalahan penulisan kata sifat dalam karangan (Insya’) siswa Madrasah Tsanawiyah Pondok Modern Al-Kautsar Pekanbaru, yaitu : 1- Lemahnya penguasaan qowaid sintaksis dan kurangnya kosa kata. 2- Kurangnya praktek bahasa lisan ke dalam bahasa tulisan. 3- Pengaruh karakteristik bahasa ibu terhadap bahasa kedua ( bahasa Arab ). Kata Kunci: Analisis, Kata Sifat, Insya’