PENGARUH KOMPETENSI SOSIAL GURU TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL QUR’AN KAMPAR
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi sosial guru terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa di Madrasah Tsanawiyah Darul Qur’an Kampar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi sosial guru terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa di Madrasah Tsanawiyah Darul Qur’an Kampar? Subjek dalam penelitian ini adalah guru bahasa Arab dan siswa Madrasah Tsanawiyah Darul Qur’an Kampar, sedangkan objeknya adalah pengaruh kompetensi sosial guru terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa di Madrasah Tsanawiyah Darul Qur’an Kampar. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Analisis Regresi Linear Sederhana dengan menggunakan SPSS Statistics 23 for Windows. Hasil analisis data menunjukkan nilai r hitung = 0,570 lebih besar dari r tabel = 0,266 pada taraf signifikansi 5% dan r tabel = 0,345 pada taraf signifikansi 1 % (0,266<0,570>0,345). Ini berarti bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain terdapat pengaruh kompetensi sosial guru terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa Madrasah Tsanawiyah Darul Qur’an Kampar. Besarnya pengaruh kompetensi sosial guru terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa Madrasah Tsanawiyah Darul Qur’an Kampar adalah 32,5% sedangkan sisanya sebesar 67,5 % dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata Kunci: Pengaruh, Kompetensi Sosial, Hasil Belajar Bahasa Arab