Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian semi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pengunaan Metode Mim-Mem dengan Menggunakan Permainan Komunikata Cepat untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa kata Arab Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Kampar. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah Pengunaan Metode Mim-Mem dengan Menggunakan Permainan Komunikata Cepat Efektif untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa kata Arab Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Kampar?”. Penelitian ini adalah penelitian semi eksperimen yaitu dimulai dari rancangan langkah pembelajaran, pelaksanaan, observasi, kemudian test. Populasi penelitian adalah seluruh siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Kampar tahun ajaran 2017/2018, dengan sampel siswa kelas 1A dan 1B Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Kampar. Subjek penelitian adalah siswa dan guru bahasa Arab Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Kampar. Objek penelitian ini adalah Pengunaan Metode Mim-Mem dengan Menggunakan Permainan Komunikata Cepat untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa kata Arab. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari observasi dan test. Dari analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa Pengunaan Metode Mim-Mem dengan Menggunakan Permainan Komunikata Cepat efektif untuk meningkatkan Penguasaan Kosa kata Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Kampar. Karena nilai To = 3,88 lebih besar dari Tt pada taraf signifikansi 5% = 2.00 dan taraf signifikansi 1% = 2.65. ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain Metode Mim-Mem dengan menggunakan Permainan Komunikata Cepat efektif untuk meningkatkan Penguasaan Kosa kata Arab Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Kampar. Kata Kunci: Efektivitas, Metode Mim-Mem, Permainan, Kosa Kata Arab