PENERAPAN METODE PROBLEM BASED INTRODUCTION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA POKOK BAHASAN STOIKIOMETRI KELAS X SMA NEGERI 1 KAMPAR KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Main Author: Anismar,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
SMA
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/1339/1/2011_2011264.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1339/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, berdasarkan latar belakang hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Kampar dalam kategori rendah, karena kurangnya minat siswa untuk belajar kimia khususnya pada pokok bahasan Stoikiometri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan penerapan metode problem based indtroduction dapat meningkatkan hasil belajar kimia pada pokok bahasan Stoikiometri siswa kelas X SMA Negeri 1 Kampar Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar?. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran Kimia khususnya pada pokok bahasan Stoikiometri dengan penerapan metode Problem Based Introduction (PBI). Berdasarkan hasil penelitian, penerapan metode Problem Based Introduction (PBI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Stoikiometri di kelas X SMA Negeri 1 Kampar Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar membuat siswa aktif agar bisa membentuk kerangka berpikir sendiri dan meningkatkan prestasi siswa. Pengambilan data dengan menggunakan post tes, ulangan harian tiap siklus dan dokumentasi. Penulis memberikan angka untuk setiap siklus, yaitu sebelum tindakan 60,34%, Siklus I 73,18%, Siklus II 82,05%. Berdasarkan hasil penelitian ini dari analisis tindakan diperoleh kesimpulan bahwa penerapan metode Problem Based Introduction (PBI) untuk meningkatkan hasil belajar kimia di kelas X SMA Negeri 1 Kampar Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar dapat meningkatkan hasil belajar dengan baik.