PENGARUH PENGUASAAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ASPEK KOGNITIF TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN SISWA KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 6 PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini berangkat dari permasalahan sebagian siswa yang memiliki nilai PAI yang baik tetapi belum bisa menerapkan materi yang telah mereka pelajari dalam perilaku kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penguasaan Materi Pendidikan Agama Islam aspek kognitif terhadap Perilaku Keagamaan Siswa kelas X di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Pekanbaru.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Pekanbaru. Sedangkan objeknya adalah pengaruh penguasaan materi Pendidikan Agama Islam aspek kognitif terhadap Perilaku Keagamaan Siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang beragama Islam di SMA Negeri 6 Pekanbaru yang berjumlah 272 orang. Penulis mengambil sampel sebesar 25% dengan jumlah 68 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling (pengambilan random secara sederhana). Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik korelasi Product Moment.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penguasaan materi Pendidikan Agama Islam aspek kognitif terhadap Perilaku Keagamaan siswa kelas X di Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Pekanbaru. Tingkat pengaruh antara kedua variabel sebesar 0,369 sedangkan nilai probabilitasnya sebesar 0,002. Nilai 0,002<0,05, maka Ha diterima H0 ditolak. Sedangkan koefisien determinasinya sebesar 0,136. Kontribusi pengaruh penguasaan materi Pendidikan Agama Islam aspek kognitif terhadap perilaku keagamaan sebesar 13,6% selebihnya ditentukan variabel lain. Kata Kunci: Penguasaan Materi, Perilaku Keagamaan