Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiPengaruh Mengikuti Layanan Bimbingan Kelompok terhadap Motivasi Berprestasi Siswa di Sekolah Menengah Atas 1 Tambang.Penelitian ini termasuk korelasi product moment. Subjek penelitian ini adalah siswa, sedangkan objek penelitian ini adalah pengaruh mengikuti layanan bimbingan kelompok terhadap motivasi berprestasi siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumblah 210 orang. Dikarenakan populasi cukup besar maka penulis melakukan penarikan penarikan sampel dengan menggunakan rumus Taro Yamane dan pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling dengan jumblah sampel sebanyak 68 orang. Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh mengikuti layanan bimbingan kelompok terhadap motivasi berprestasi siswa di sekolah menengah atas negeri 1 tambang. Hal ini dapat di lihat dari angka korelasi product moment sebesar 0,410 angka ini lebih besar dari angka “r” tabel taraf signifikan 1% yaitu 0,302 dan angka “r” 5% yaitu 0,232. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Mengikuti Layanan Bimbingan Kelompok tergolong “baik” dengan presentase 89% dan Motivasi Berprestasi Siswa di Sekolah tergolong “baik” dengan presentase 80%. Ini berarti semakin baik pemberian atau mengikuti layanan bimbingan kelompok maka semakin tinggi pula untuk pemberian motivasi berprestasi kepada siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Tambang, sebaliknya semakin kurang baik pemberian atau mengikuti layanan bimbingan kelompok maka semakin rendah pula perkembangan untuk maju ke tahap kedepannya dan susah untuk menerapkan suatu apa yang ada pada diri siswa tersebut. Kata Kunci: Pengaruh, Layanan Bimbingan Kelompok, Motivasi Berprestasi