PENGARUH PELAKSANAAN KONSELING KELOMPOK TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 ROKAN IV KOTO KABUPATEN ROKAN HULU
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan layanan konseling kelompok terhadap kemandirian belajar siswa di SMA N 1 Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh pelaksanaan layanan konseling kelompok terhadap kemandirian belajar siswa SMAN 1 Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu?. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah 32 orang. Dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Rokan IV Koto Kabuapaten Rokan Hulu. Data dikumpulkan melalui teknik angket, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan konseling kelompok berpengaruh signifikan terhadap kemandirian belajar siswa SMAN 1 Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu. Berdasarkan perhitungan didapatkan -t hitung < t tabel, (-21,639 < 2.26 dan signifikansi < 0.05 (0.00 < 0.05), atau Ha diterima, dengan kata lain menunjukan adanya pengaruh yang lebih baik terhadap kemandirian belajar siswa ketika setelah dilaksanakan konseling kelompok di SMAN 1 Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu. Hasil ini juga dibuktikan dari nilai rata-rata kemandirian belajar siswa sebelum pelaksanaan konseling kelompok dengan rata-rata mencapai 40,91, dan jika dibandingkan dengan setelah dilaksanakan konseling kelompok rata-rata kemandirian belajar siswa meningkat lebih baik menjadi 55,81, maka dapat dikatakan terdapat perbedaan yang lebih baik kemandirian belajar setelah dilaksanakan konseling kelompok dibandingkan tidak menggunakan konseling kelompok. Kata Kunci: Konseling Kelompok, Kemandirian Belajar