PENGARUH PENGAWASAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KEDISIPLINAN GURU DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 3 TERPADU PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif yang terdiri dari dua variabel, yaitu: variabel pengawasan kepala sekolah (X) dan kedisiplinan guru (Y). Kedisiplinan adalah kesadaran dan kesediaan seseorang menaati semua peraturan dan norma-norma yang berlaku. Salah satu yang mempengaruhi kedisiplinan adalah pengawasan kepala sekolah. Pengawasan mengandung arti mengamati terus menerus, merekam, memberikan penjelasan dan petunjuk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara pengawasan kepala sekolah dan kedisiplinan guru di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 3 Terpadu Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah guru di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 3 Terpadu Pekanbaru. Objek penelitian ini adalah pengaruh pengawasan kepala sekolah terhadap kedisiplinan guru di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 3 Terpadu Pekanbaru. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh guru di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 3 Terpadu Pekanbaru yang berjumlah 32 orang, sedangkan sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik total sampling yakni dengan semua anggota populasi dijadikan sampel.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear sederhana dan analisis koefisien determinasi. Berdasarkan hasil analisis data ternyata Ha dapat diterima pada taraf signifikan 5% (0,349) dan 1% (0,449) yang dibuktikan dari hasil yang dinyatakan nilai ro (observasi) = 0568. Karena 0,568 terletak antara 0,400-0,700 yang berarti korelasinya sedang atau cukup. Berdasarkan hasil dan analisis regresi linear sederhana dinyatakan koefisien b adalah 0,728 dan nilai koefisien a adalah 31,433 yang berarti setiap variabel X bertambah satu, maka rata-rata variabel Y bertambah 0,728. Sedangkan berdasarkan hasil analisis data pada nilai t tabel (2,831) yang dibuktikan dari hasil yang dinyatakan t hitung (3,775). Dari analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pengawasan kepala sekolah terhadap kedisiplinan guru di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 3 Terpadu Pekanbaru. Besarnya koefisien pengaruh variabel X terhadap variabel Y adalah sebesar 32,2%. Kata Kunci : Pengaruh, Pengawasan Kepala Sekolah, Kedisiplinan Guru.