Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih ada siswa yang belum peraya diri dengan potensi dan kemampuan yang dimiliki pada mata pelajaran ekonomi, masih ada siswa yang jarang mengambil peranan penting saat belajar pelajaran ekonomi, masih ada siswa yang tidak semangat dalam belajar pelajaran ekonomi, masih ada siswa yang belum mampu berkomunikasi dalam berargumen saat belajar pelajaran ekonomi. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Tambang. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan masukan dalam rangka upaya meningkatkan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 yang berjumlah 34 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus P = x 100%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi adalah “Baik” dengan persentase 77,53% yang berada pada posisi 61%-80%. Kata Kunci: Kemandirian Belajar Siswa