MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS V SEKOLAH DASAR TARBIYAH ISLAMIYAH 030 BATU BELAH KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR
ctrlnum |
13360 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/13360/</relation><title>MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS V SEKOLAH DASAR TARBIYAH ISLAMIYAH 030 BATU BELAH KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR</title><creator>ELVI RAHMI, </creator><subject>371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar 
siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penerapan metode
kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) di Kelas V Sekolah
Dasar Tarbiyah Islamiyah 030 Batu Belah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh
rendahnya aktivitas belajar siswa, diantaranya siswa kurang memperhatikan
pembelajaran yang disampaikan oleh guru, siswa tidak mengerjakan tugas yang
diberikan oleh guru, dan hanya beberapa orang siswa mengajukan pertanyaan
kepada guru. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom
Action Research), sebagai subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa.
Objek dalam penelitian ini adalah metode kooperatif tipe Student Teams
Achievement Division (STAD) dan aktivitas belajar. Penelitian ini dilakukan dua
siklus, setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Sedangkan
teknik analisis data yang digunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil
penelitian dan analisis data,aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPS
Sebelum tindakan aktivitas belajar siswa hanya 49,80% atau berada pada kategori
“ Kurang”. Setelah dilakukan tindakan aktivitas belajar pada siklus I 64,58%
dengan katergori “ Cukup” pada siklus II aktivitas belajar siswa meningkat
menjadi 86,46% dengan kategori “ Baik”. 

Kata Kunci : Aktivitas belajar, Student Teams Achieviment Division (STAD), dan Ilmu Pengetahuan Sosial</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13360/1/1.%20COVER_2018684PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13360/3/2.%20PENGESAHAN_2018684PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13360/2/3.%20ABSTRAK_2018684PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13360/4/4.%20PENGHARGAAN_2018684PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13360/5/5.%20DAFTAR%20ISI_2018684PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13360/6/6.%20BAB%20I_2018684PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13360/7/7.%20BAB%20II_2018684PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13360/8/8.%20BAB%20III_2018684PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13360/9/9.%20BAB%20IV_2018684PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13360/10/10.%20BAB%20V_2018684PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13360/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA_2018684PGMI.pdf</identifier><identifier> ELVI RAHMI, (2018) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS V SEKOLAH DASAR TARBIYAH ISLAMIYAH 030 BATU BELAH KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>13360</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
ELVI RAHMI, |
title |
MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS V SEKOLAH DASAR TARBIYAH ISLAMIYAH 030 BATU BELAH KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR |
publishDate |
2018 |
topic |
371.3 Metode Belajar Mengajar Kegiatan Belajar Mengajar |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/13360/1/1.%20COVER_2018684PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13360/3/2.%20PENGESAHAN_2018684PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13360/2/3.%20ABSTRAK_2018684PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13360/4/4.%20PENGHARGAAN_2018684PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13360/5/5.%20DAFTAR%20ISI_2018684PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13360/6/6.%20BAB%20I_2018684PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13360/7/7.%20BAB%20II_2018684PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13360/8/8.%20BAB%20III_2018684PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13360/9/9.%20BAB%20IV_2018684PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13360/10/10.%20BAB%20V_2018684PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13360/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA_2018684PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13360/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar
siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penerapan metode
kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) di Kelas V Sekolah
Dasar Tarbiyah Islamiyah 030 Batu Belah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh
rendahnya aktivitas belajar siswa, diantaranya siswa kurang memperhatikan
pembelajaran yang disampaikan oleh guru, siswa tidak mengerjakan tugas yang
diberikan oleh guru, dan hanya beberapa orang siswa mengajukan pertanyaan
kepada guru. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom
Action Research), sebagai subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa.
Objek dalam penelitian ini adalah metode kooperatif tipe Student Teams
Achievement Division (STAD) dan aktivitas belajar. Penelitian ini dilakukan dua
siklus, setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Sedangkan
teknik analisis data yang digunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil
penelitian dan analisis data,aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPS
Sebelum tindakan aktivitas belajar siswa hanya 49,80% atau berada pada kategori
“ Kurang”. Setelah dilakukan tindakan aktivitas belajar pada siklus I 64,58%
dengan katergori “ Cukup” pada siklus II aktivitas belajar siswa meningkat
menjadi 86,46% dengan kategori “ Baik”.
Kata Kunci : Aktivitas belajar, Student Teams Achieviment Division (STAD), dan Ilmu Pengetahuan Sosial |
id |
IOS7815.13360 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:10:58Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:10:58Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821995048468480 |
score |
17.538404 |