ctrlnum 13360
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/13360/</relation><title>MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS V SEKOLAH DASAR TARBIYAH ISLAMIYAH 030 BATU BELAH KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR</title><creator>ELVI RAHMI, </creator><subject>371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar &#xD; siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penerapan metode&#xD; kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) di Kelas V Sekolah&#xD; Dasar Tarbiyah Islamiyah 030 Batu Belah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh&#xD; rendahnya aktivitas belajar siswa, diantaranya siswa kurang memperhatikan&#xD; pembelajaran yang disampaikan oleh guru, siswa tidak mengerjakan tugas yang&#xD; diberikan oleh guru, dan hanya beberapa orang siswa mengajukan pertanyaan&#xD; kepada guru. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom&#xD; Action Research), sebagai subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa.&#xD; Objek dalam penelitian ini adalah metode kooperatif tipe Student Teams&#xD; Achievement Division (STAD) dan aktivitas belajar. Penelitian ini dilakukan dua&#xD; siklus, setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang&#xD; digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Sedangkan&#xD; teknik analisis data yang digunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil&#xD; penelitian dan analisis data,aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPS&#xD; Sebelum tindakan aktivitas belajar siswa hanya 49,80% atau berada pada kategori&#xD; &#x201C; Kurang&#x201D;. Setelah dilakukan tindakan aktivitas belajar pada siklus I 64,58%&#xD; dengan katergori &#x201C; Cukup&#x201D; pada siklus II aktivitas belajar siswa meningkat&#xD; menjadi 86,46% dengan kategori &#x201C; Baik&#x201D;. &#xD; &#xD; Kata Kunci : Aktivitas belajar, Student Teams Achieviment Division (STAD), dan Ilmu Pengetahuan Sosial</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13360/1/1.%20COVER_2018684PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13360/3/2.%20PENGESAHAN_2018684PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13360/2/3.%20ABSTRAK_2018684PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13360/4/4.%20PENGHARGAAN_2018684PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13360/5/5.%20DAFTAR%20ISI_2018684PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13360/6/6.%20BAB%20I_2018684PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13360/7/7.%20BAB%20II_2018684PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13360/8/8.%20BAB%20III_2018684PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13360/9/9.%20BAB%20IV_2018684PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13360/10/10.%20BAB%20V_2018684PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13360/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA_2018684PGMI.pdf</identifier><identifier> ELVI RAHMI, (2018) MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS V SEKOLAH DASAR TARBIYAH ISLAMIYAH 030 BATU BELAH KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>13360</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author ELVI RAHMI,
title MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DI KELAS V SEKOLAH DASAR TARBIYAH ISLAMIYAH 030 BATU BELAH KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR
publishDate 2018
topic 371.3 Metode Belajar Mengajar
Kegiatan Belajar Mengajar
url http://repository.uin-suska.ac.id/13360/1/1.%20COVER_2018684PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13360/3/2.%20PENGESAHAN_2018684PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13360/2/3.%20ABSTRAK_2018684PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13360/4/4.%20PENGHARGAAN_2018684PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13360/5/5.%20DAFTAR%20ISI_2018684PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13360/6/6.%20BAB%20I_2018684PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13360/7/7.%20BAB%20II_2018684PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13360/8/8.%20BAB%20III_2018684PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13360/9/9.%20BAB%20IV_2018684PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13360/10/10.%20BAB%20V_2018684PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13360/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA_2018684PGMI.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13360/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui penerapan metode kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) di Kelas V Sekolah Dasar Tarbiyah Islamiyah 030 Batu Belah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa, diantaranya siswa kurang memperhatikan pembelajaran yang disampaikan oleh guru, siswa tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, dan hanya beberapa orang siswa mengajukan pertanyaan kepada guru. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research), sebagai subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Objek dalam penelitian ini adalah metode kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan aktivitas belajar. Penelitian ini dilakukan dua siklus, setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data,aktivitas belajar siswa pada pembelajaran IPS Sebelum tindakan aktivitas belajar siswa hanya 49,80% atau berada pada kategori “ Kurang”. Setelah dilakukan tindakan aktivitas belajar pada siklus I 64,58% dengan katergori “ Cukup” pada siklus II aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 86,46% dengan kategori “ Baik”. Kata Kunci : Aktivitas belajar, Student Teams Achieviment Division (STAD), dan Ilmu Pengetahuan Sosial
id IOS7815.13360
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2019-07-31T02:10:58Z
last_indexed 2019-07-31T02:10:58Z
recordtype dc
_version_ 1674821995048468480
score 17.538404