PENGARUH TEKNIK KOMUNIKASI GURU TERHADAP IKLIM BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN JURUSAN AKUNTANSI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH 2 PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi masih belum maksimalnya iklim belajar siswa pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik komunikasi guru terhadap iklim belajar siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru dan seluruh siswa kelas XI jurusan Akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Pekanbaru sedangkan objek dalam penelitian ini Pengaruh teknik komunikasi guru Terhadap iklim Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Jurusan Akuntasi di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan yang berjumlah tiga orang dan seluruh siswa kelas XI jurusan Akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Pekanbaru yang berjumlah 120 siswa dengan tehnik pengambilan sampel dilakukan secara Simple Rondom Sampling. Sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI jurusan Akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Pekanbaru yang berjumlah 93 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis Regresi Linier Sederhana. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa r hitung> r tabel baik pada taraf signifikan 5% maupun 1% (0,207<0,675>0,270), sehingga Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan teknik komunikasi guru terhadap iklim belajar siswa pada mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan jurusan akuntansi di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Persentase sumbangan pengaruh teknik komunikasi guru terhadap iklim belajar siswa pada mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan adalah sebesar 45,6%. Sedangkan sisanya sebesar 54,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Kata Kunci: Teknik Komunikasi Guru, Iklim Belajar Siswa