PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM DI KELAS XI SMAN 1 SINGINGI KECAMATAN SINGINGI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI
Main Author: | Nen Juniati, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/1335/1/2011_2011168.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/1335/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar siswa kelas XI SMAN 1 Singingi Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi setelah diterapkan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMAN 1 Singingi Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi pada pokok bahasan struktur atom ”?. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 1 Singingi Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi Tahun Ajaran 2010/2011 dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang terdiri dari 20 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan hasil belajar siswa. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Observasi dilakukan 3 kali yaitu satu kali pertemuan dengan tidak menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), dua kali pertemuan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan pada pertemuan yang keempat yaitu tahap evaluasi. Sedangkan dokumentasi dilakukan untuk mengetahui data guru dan siswa. Berdasarkan analisis data ketuntasan hasil belajar siswa sebelum tindakan adalah 56,66%, pada siklus I adalah 80%, dan pada siklus II adalah 86,66% yang mengalami peningkatan secara signifikan, sehingga berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMAN 1 Singingi Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi. Kata Kunci: Contextual Teaching And Learning (CTL), Hasil Belajar, Struktur Atom.