Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial melalui Penerapan Model Pembelajaran Word Square di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 163 Pekanbaru. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa diantaranya siswa kurang berinisiatif untuk bertanya, kurang mendengarkan pelajaran yang disampaikan guru dan kurang mengerjakan tugas yang diberikan guru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa. Objek dalam penelitian adalah Model Pembelajaran Word Square dan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Word Square dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini diketahui sebelum dilakukan tindakan aktivitas belajar diperoleh dengan rata-rata 55,12% atau berada pada kategori “Kurang”. Kemudian setelah menerapkan Model Pembelajaran Word Square pada Siklus I aktivitas belajar siswa mencapai 66,16% dengan kategori “Cukup”. Pada Siklus II aktivitas belajar siswa menjadi meningkat mencapai 84,91% dengan kategori “Sangat Baik”. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Word Square dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Kata Kunci: Word Square, Aktivitas Belajar.