PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS X B2 DALAM PEMBELAJARAN KIMIA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON DAN MINYAK BUMI DI MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU
Main Author: | Nelly Ocsifiani, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/1329/1/2010_2011142.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/1329/ |
ctrlnum |
1329 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/1329/</relation><title>PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK 
PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS 
SISWA KELAS X B2 DALAM PEMBELAJARAN KIMIA PADA 
POKOK BAHASAN HIDROKARBON DAN MINYAK 
BUMI DI MADRASAH ALIYAH 
DARUL HIKMAH 
PEKANBARU</title><creator>Nelly Ocsifiani, </creator><subject>373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA</subject><description>Penelitian ini dilatar belakangi dengan ditemukannya gejala-gejala rendahnya 
kreativitas siswa di kelas X B2 Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Gejala-
gejala tersebut terlihat dari berbagai aspek yaitu siswa kurang bisa mengembangkan 
dan mencari ide-ide dalam belajar, kurang berpartisipasi dalam memikirkan dan 
memecahkan persoalan serta kurang berinisiatif dan kreatif dalam kegiatan diskusi, 
kurang berinteraksi dengan teman-temannya dalam belajar, kurang berani 
menyampaikan pendapat dan bertanya, rendahnya kemampuan siswa dalam berpikir 
kritis, serta hasil belajar siswa yang belum mencapai target kelulusan minimum di 
Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru yaitu ≥65. Karena itu penulis 
mengadakan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa di 
Madrasah aliyah Darul Hikmah Pekanbaru dengan menerapkan metode pembelajaran 
kooperatif tipe think pair share (TPS). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan 
kelas (PTK), yaitu guru berperan langsung dalam proses pembelajaran. Hasil analisis 
data penelitian ini adalah terdapat peningkatan kreativitas yang dapat dilihat dari : 1) 
Siswa mampu menghasilkan ide yang banyak dalam waktu singkat sebelum 
dilakukan tindakan sebesar 38,48%, setelah diberi tindakan sebesar 80,76%. 2) 
Siswa mampu menghubungkan dan menggabungkan hal yang berbeda sebelum 
diberi tindakan sebesar 34,61%, setelah diberi tindakan sebesar 80,76%. 3) Siswa 
mampu mengembangkan hal yang sederhana sebelum diberi tindakan sebesar 
42,30%, setelah diberi tindakan sebesar 92,30%. 4) Siswa berani mengambil resiko 
sebelum diberi tindakan sebesar 38,48%, setelah diberi tindakan sebesar 88,46%. 5) 
Siswa cepat tanggap dan mandiri sebelum diberi tindakan sebesar 30,76%, setelah 
diberi tindakan sebesar 84,61%. 6) Siswa suka mencari ide-ide yang unik sebelum 
diberi tindakan sebesar 38,48%, setelah diberi tindakan sebesar 80,76%. Adanya 
peningkatan hasil belajar siswa, peningkatan pada siklus I sebesar 18,167%, siklus II 
sebesar 26,08% dan siklus III sebesar 43,85%. Setelah siklus III seluruh siswa telah 
mencapai ketuntasan individu yaitu 65 ≥ . Ketuntasan klasikal sebelum diberi 
tindakan sebesar 42,30%, setelah diberi tindakan menjadi 92,30%.</description><date>2010-01-18</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/1329/1/2010_2011142.pdf</identifier><identifier> Nelly Ocsifiani, (2010) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS X B2 DALAM PEMBELAJARAN KIMIA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON DAN MINYAK BUMI DI MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>1329</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Nelly Ocsifiani, |
title |
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK
PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS
SISWA KELAS X B2 DALAM PEMBELAJARAN KIMIA PADA
POKOK BAHASAN HIDROKARBON DAN MINYAK
BUMI DI MADRASAH ALIYAH
DARUL HIKMAH
PEKANBARU |
publishDate |
2010 |
topic |
373.238 Sekolah Menengah Atas SMA |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/1329/1/2010_2011142.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/1329/ |
contents |
Penelitian ini dilatar belakangi dengan ditemukannya gejala-gejala rendahnya
kreativitas siswa di kelas X B2 Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Gejala-
gejala tersebut terlihat dari berbagai aspek yaitu siswa kurang bisa mengembangkan
dan mencari ide-ide dalam belajar, kurang berpartisipasi dalam memikirkan dan
memecahkan persoalan serta kurang berinisiatif dan kreatif dalam kegiatan diskusi,
kurang berinteraksi dengan teman-temannya dalam belajar, kurang berani
menyampaikan pendapat dan bertanya, rendahnya kemampuan siswa dalam berpikir
kritis, serta hasil belajar siswa yang belum mencapai target kelulusan minimum di
Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru yaitu ≥65. Karena itu penulis
mengadakan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa di
Madrasah aliyah Darul Hikmah Pekanbaru dengan menerapkan metode pembelajaran
kooperatif tipe think pair share (TPS). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan
kelas (PTK), yaitu guru berperan langsung dalam proses pembelajaran. Hasil analisis
data penelitian ini adalah terdapat peningkatan kreativitas yang dapat dilihat dari : 1)
Siswa mampu menghasilkan ide yang banyak dalam waktu singkat sebelum
dilakukan tindakan sebesar 38,48%, setelah diberi tindakan sebesar 80,76%. 2)
Siswa mampu menghubungkan dan menggabungkan hal yang berbeda sebelum
diberi tindakan sebesar 34,61%, setelah diberi tindakan sebesar 80,76%. 3) Siswa
mampu mengembangkan hal yang sederhana sebelum diberi tindakan sebesar
42,30%, setelah diberi tindakan sebesar 92,30%. 4) Siswa berani mengambil resiko
sebelum diberi tindakan sebesar 38,48%, setelah diberi tindakan sebesar 88,46%. 5)
Siswa cepat tanggap dan mandiri sebelum diberi tindakan sebesar 30,76%, setelah
diberi tindakan sebesar 84,61%. 6) Siswa suka mencari ide-ide yang unik sebelum
diberi tindakan sebesar 38,48%, setelah diberi tindakan sebesar 80,76%. Adanya
peningkatan hasil belajar siswa, peningkatan pada siklus I sebesar 18,167%, siklus II
sebesar 26,08% dan siklus III sebesar 43,85%. Setelah siklus III seluruh siswa telah
mencapai ketuntasan individu yaitu 65 ≥ . Ketuntasan klasikal sebelum diberi
tindakan sebesar 42,30%, setelah diberi tindakan menjadi 92,30%. |
id |
IOS7815.1329 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:05:09Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:05:09Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821881329352704 |
score |
17.538404 |