PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS X B2 DALAM PEMBELAJARAN KIMIA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON DAN MINYAK BUMI DI MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU

Main Author: Nelly Ocsifiani,
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
SMA
Online Access: http://repository.uin-suska.ac.id/1329/1/2010_2011142.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1329/
ctrlnum 1329
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/1329/</relation><title>PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK &#xD; PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS &#xD; SISWA KELAS X B2 DALAM PEMBELAJARAN KIMIA PADA &#xD; POKOK BAHASAN HIDROKARBON DAN MINYAK &#xD; BUMI DI MADRASAH ALIYAH &#xD; DARUL HIKMAH &#xD; PEKANBARU</title><creator>Nelly Ocsifiani, </creator><subject>373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA</subject><description>Penelitian ini dilatar belakangi dengan ditemukannya gejala-gejala rendahnya &#xD; kreativitas siswa di kelas X B2 Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Gejala-&#xD; gejala tersebut terlihat dari berbagai aspek yaitu siswa kurang bisa mengembangkan &#xD; dan mencari ide-ide dalam belajar, kurang berpartisipasi dalam memikirkan dan &#xD; memecahkan persoalan serta kurang berinisiatif dan kreatif dalam kegiatan diskusi, &#xD; kurang berinteraksi dengan teman-temannya dalam belajar, kurang berani &#xD; menyampaikan pendapat dan bertanya, rendahnya kemampuan siswa dalam berpikir &#xD; kritis, serta hasil belajar siswa yang belum mencapai target kelulusan minimum di &#xD; Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru yaitu &#x2265;65. Karena itu penulis &#xD; mengadakan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa di &#xD; Madrasah aliyah Darul Hikmah Pekanbaru dengan menerapkan metode pembelajaran &#xD; kooperatif tipe think pair share (TPS). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan &#xD; kelas (PTK), yaitu guru berperan langsung dalam proses pembelajaran. Hasil analisis &#xD; data penelitian ini adalah terdapat peningkatan kreativitas yang dapat dilihat dari : 1) &#xD; Siswa mampu menghasilkan ide yang banyak dalam waktu singkat sebelum &#xD; dilakukan tindakan sebesar 38,48%, setelah diberi tindakan sebesar 80,76%. 2) &#xD; Siswa mampu menghubungkan dan menggabungkan hal yang berbeda sebelum &#xD; diberi tindakan sebesar 34,61%, setelah diberi tindakan sebesar 80,76%. 3) Siswa &#xD; mampu mengembangkan hal yang sederhana sebelum diberi tindakan sebesar &#xD; 42,30%, setelah diberi tindakan sebesar 92,30%. 4) Siswa berani mengambil resiko &#xD; sebelum diberi tindakan sebesar 38,48%, setelah diberi tindakan sebesar 88,46%. 5) &#xD; Siswa cepat tanggap dan mandiri sebelum diberi tindakan sebesar 30,76%, setelah &#xD; diberi tindakan sebesar 84,61%. 6) Siswa suka mencari ide-ide yang unik sebelum &#xD; diberi tindakan sebesar 38,48%, setelah diberi tindakan sebesar 80,76%. Adanya &#xD; peningkatan hasil belajar siswa, peningkatan pada siklus I sebesar 18,167%, siklus II &#xD; sebesar 26,08% dan siklus III sebesar 43,85%. Setelah siklus III seluruh siswa telah &#xD; mencapai ketuntasan individu yaitu 65 &#x2265; . Ketuntasan klasikal sebelum diberi &#xD; tindakan sebesar 42,30%, setelah diberi tindakan menjadi 92,30%.</description><date>2010-01-18</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/1329/1/2010_2011142.pdf</identifier><identifier> Nelly Ocsifiani, (2010) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS X B2 DALAM PEMBELAJARAN KIMIA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON DAN MINYAK BUMI DI MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>1329</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Nelly Ocsifiani,
title PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS X B2 DALAM PEMBELAJARAN KIMIA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON DAN MINYAK BUMI DI MADRASAH ALIYAH DARUL HIKMAH PEKANBARU
publishDate 2010
topic 373.238 Sekolah Menengah Atas
SMA
url http://repository.uin-suska.ac.id/1329/1/2010_2011142.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/1329/
contents Penelitian ini dilatar belakangi dengan ditemukannya gejala-gejala rendahnya kreativitas siswa di kelas X B2 Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru. Gejala- gejala tersebut terlihat dari berbagai aspek yaitu siswa kurang bisa mengembangkan dan mencari ide-ide dalam belajar, kurang berpartisipasi dalam memikirkan dan memecahkan persoalan serta kurang berinisiatif dan kreatif dalam kegiatan diskusi, kurang berinteraksi dengan teman-temannya dalam belajar, kurang berani menyampaikan pendapat dan bertanya, rendahnya kemampuan siswa dalam berpikir kritis, serta hasil belajar siswa yang belum mencapai target kelulusan minimum di Madrasah Aliyah Darul Hikmah Pekanbaru yaitu ≥65. Karena itu penulis mengadakan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa di Madrasah aliyah Darul Hikmah Pekanbaru dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), yaitu guru berperan langsung dalam proses pembelajaran. Hasil analisis data penelitian ini adalah terdapat peningkatan kreativitas yang dapat dilihat dari : 1) Siswa mampu menghasilkan ide yang banyak dalam waktu singkat sebelum dilakukan tindakan sebesar 38,48%, setelah diberi tindakan sebesar 80,76%. 2) Siswa mampu menghubungkan dan menggabungkan hal yang berbeda sebelum diberi tindakan sebesar 34,61%, setelah diberi tindakan sebesar 80,76%. 3) Siswa mampu mengembangkan hal yang sederhana sebelum diberi tindakan sebesar 42,30%, setelah diberi tindakan sebesar 92,30%. 4) Siswa berani mengambil resiko sebelum diberi tindakan sebesar 38,48%, setelah diberi tindakan sebesar 88,46%. 5) Siswa cepat tanggap dan mandiri sebelum diberi tindakan sebesar 30,76%, setelah diberi tindakan sebesar 84,61%. 6) Siswa suka mencari ide-ide yang unik sebelum diberi tindakan sebesar 38,48%, setelah diberi tindakan sebesar 80,76%. Adanya peningkatan hasil belajar siswa, peningkatan pada siklus I sebesar 18,167%, siklus II sebesar 26,08% dan siklus III sebesar 43,85%. Setelah siklus III seluruh siswa telah mencapai ketuntasan individu yaitu 65 ≥ . Ketuntasan klasikal sebelum diberi tindakan sebesar 42,30%, setelah diberi tindakan menjadi 92,30%.
id IOS7815.1329
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2019-07-31T02:05:09Z
last_indexed 2019-07-31T02:05:09Z
recordtype dc
_version_ 1674821881329352704
score 17.538404