Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah Pretest Posttest Control Group Design. Penelitian ini bertujuan unuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran FIRE-UP terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan pengetahuan awal matematika siswa Sekolah Menengah Pertama di Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Pekanbaru tahun pelajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 7 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Untuk melihat hasil penelitian tersebut, digunakan rumus uji-t (test-t) dan anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data, didapat kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan strategi pembelajaran FIRE-UP dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung. 2) Tidak terdapat interaksi antara pengetahuan awal siswa dengan strategi pembelajaran FIRE-UP terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Berdasarkan pemaparan tersebut, secara umum strategi pembelajaran FIRE-UP berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Kata kunci: Strategi Pembelajaran FIRE-UP, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Pengetahuan Awal Matematika