PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR DI SMA NEGERI I TAPUNG HILIR KECAMATAN TAPUNG HILIR
Main Author: | Supriyani, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uin-suska.ac.id/1326/1/2010_201175.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/1326/ |
Daftar Isi:
- Kimia merupakan salah satu pelajaran pokok di SMA dimana siswa banyak mengalami kesulitan dalam memahami materi-materinya, dan membutuhkan metode yang tepat dan baik untuk mendukung proses pembelajaran. Salah satunya adalah metode Inside Outside Circle (IOC), yang memiliki keunggulan yaitu siswa saling berbagi informasi pada saat yang bersamaan dengan pasangan yang berbeda dengan singkat dan teratur. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Inside Outside Circle (IOC) pada pokok bahasan struktur atom dan sistem periodik. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rencana penelitian pretes dan postes, dengan jumlah sampel 2 kelas yaitu kelas X1 (eksperimen) dan kelas X2 (kontrol). Untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa setelah diadakan perlakuan, dilihat dari data selisih nilai pretes dan postes antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan uji homogenitas sebagai data awal pada materi sebelumnya, pretes dan postes sebagai data akhir, dan dokumentasi. Data awal dan data akhir dianalisis dengan menggunakan t-test. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai thitung = 3,979 dan ttabel = 1,671 dan menunjukkan thitung > ttabel. Sehingga Ho ditolak, yang berarti menunjukkan terjadinya peningkatan hasil belajar, dengan peningkatan sebesar 19,59 %. Dari hasil pengolahan data dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : inside outside circle, hasil belajar