Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kualitas pembelajaran siswa pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Darul Ulum Pulau Kijang Kabupaten Indragiri Hilir. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kreativitas guru terhadap kualitas pembelajaran siswa pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Darul Ulum Pulau Kijang Kabupaten Indragiri Hilir Subjek penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas X-XI di Madrasah Aliyah Darul Ulum Pulau Kijang Kabupaten Indragiri Hilir, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Kreativitas Guru dan Kualitas Pembelajaran Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Darul Ulum Pulau Kijang Kabupaten Indragiri Hilir. Populasi dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran ekonomi yang berjumlah 1 orang dan seluruh siswa kelas X-XI di sekolah Madrasah Aliyah Darul Ulum Pulau Kijang Kabupaten Indragiri Hilir yang berjumlah 43 orang. Terdiri dari kelas X berjumlah 19 orang dan kelas XI berjumlah 24 orang. Sedangkan sampel dalam penelitian sesuai dengan tuntutan penelitian, maka sampel penelitian hanya diambil dari siswa dalam pembelajaran ekonomi dengan jumlah 43 orang. Yang terdiri dari seluruh kelas X berjumlah 19 orang an kelas XI berjumlah 24 orang, penyebaran sampelsampel tersebut berdasarkan teknik sampling jenuh, karena semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan pada penelitian ini adalah observasi, angket dan dokumentasi. Untuk menganalisis data penulis menggunakan analisis regresi linear sederhana. Adapun hasil penelitian ini yaitu terdapat pengaruh antara kreativitas guru terhadap kualitas pembelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Darul Ulum Pulau Kijang Kabupaten Indragiri Hilir, hal ini dilihat dari rhitung > rtabel pada taraf signifikan 5% maupun 1% atau (0.308<0.653>0.398), yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Besarnya pengaruh kreativitas guru terhadap kualitas pembelajaran siswa pada mata pelajaran ekonomi di Madrasah Aliyah Darul Ulum Pulau Kijang Kabupaten Indragiri Hilir sebesar 42.7%, sedangkan sisanya sebesar 57.3% (100% - 42.7) dipengaruhi oleh variabel lain, seperti lingkungan, sarana dan prasarana, kurikulum, anak didik, serta pengelolaan pembelajaran, yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Kata Kunci: Kreativitas Guru, Kualitas Pembelajaran Siswa