PEMBUATAN MEDIA TANGRAM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 103 PEKANBARU
ctrlnum |
13258 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/13258/</relation><title>PEMBUATAN MEDIA TANGRAM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 103 PEKANBARU</title><creator>ANNISA SHANDA, </creator><subject>371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar 
pada mata pelajaran Matematika melalui pembuatan media Tangram siswa kelas
V Sekolah Dasar Negeri 103 Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh
rendahnya aktivitas belajar siswa yang belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu 75. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas (PTK). Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah guru
dan siswa. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah pembuatan 
media Tangram dan aktivitas belajar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus,
masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik observasi dan
dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data deskriptif kualitatif dengan
persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa
pembuatan media Tangram dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini
diketahui sebelum dilakukan tindakan aktivitas belajar diperoleh dengan rata-rata
51,25% atau berada pada kategori “Kurang Baik“. Kemudian setelah menerapkan 
pembuatan media Tangram pada Siklus I aktivitas belajar siswa mencapai 69,35%
dengan kategori “Cukup Baik”. Pada Siklus II aktivitas belajar siswa menjadi
meningkat mencapai 78,12% dengan kategori “Baik“. Artinya sudah mencapai
indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa pembuatan media Tangram dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. 

Kata Kunci: Media Tangram, Aktivitas Belajar.</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13258/1/1.%20COVER_2018643PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13258/2/2.%20PENGESAHAN_2018643PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13258/3/3.%20ABSTRAK_2018643PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13258/4/4.%20PENGHARGAAN_2018643PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13258/5/5.%20DAFTAR%20ISI_2018643PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13258/6/6.%20BAB%20I_2018643PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13258/7/7.%20BAB%20II_2018643PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13258/8/8.%20BAB%20III_2018643PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13258/9/9.%20BAB%20IV_2018643PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13258/10/10.%20BAB%20V_2018643PGMI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13258/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA_2018643PGMI.pdf</identifier><identifier> ANNISA SHANDA, (2018) PEMBUATAN MEDIA TANGRAM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 103 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>13258</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
ANNISA SHANDA, |
title |
PEMBUATAN MEDIA TANGRAM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 103 PEKANBARU |
publishDate |
2018 |
topic |
371 Institusi Pendidikan Sekolah dan Aktifitasnya |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/13258/1/1.%20COVER_2018643PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13258/2/2.%20PENGESAHAN_2018643PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13258/3/3.%20ABSTRAK_2018643PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13258/4/4.%20PENGHARGAAN_2018643PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13258/5/5.%20DAFTAR%20ISI_2018643PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13258/6/6.%20BAB%20I_2018643PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13258/7/7.%20BAB%20II_2018643PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13258/8/8.%20BAB%20III_2018643PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13258/9/9.%20BAB%20IV_2018643PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13258/10/10.%20BAB%20V_2018643PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13258/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA_2018643PGMI.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13258/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar
pada mata pelajaran Matematika melalui pembuatan media Tangram siswa kelas
V Sekolah Dasar Negeri 103 Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh
rendahnya aktivitas belajar siswa yang belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu 75. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas (PTK). Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah guru
dan siswa. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah pembuatan
media Tangram dan aktivitas belajar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus,
masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik observasi dan
dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data deskriptif kualitatif dengan
persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa
pembuatan media Tangram dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini
diketahui sebelum dilakukan tindakan aktivitas belajar diperoleh dengan rata-rata
51,25% atau berada pada kategori “Kurang Baik“. Kemudian setelah menerapkan
pembuatan media Tangram pada Siklus I aktivitas belajar siswa mencapai 69,35%
dengan kategori “Cukup Baik”. Pada Siklus II aktivitas belajar siswa menjadi
meningkat mencapai 78,12% dengan kategori “Baik“. Artinya sudah mencapai
indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa pembuatan media Tangram dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.
Kata Kunci: Media Tangram, Aktivitas Belajar. |
id |
IOS7815.13258 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:10:53Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:10:53Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821994422468608 |
score |
17.538404 |