ctrlnum 13243
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/13243/</relation><title>PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PEKANBARU</title><creator>M. RAFKI SARKAWI, </creator><subject>371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar</subject><description>Kemampuan pemecahan masalah matematis adalah kemampuan yang&#xD; mengarahkan siswa untuk melakukan investigasi, mengeksplorasi pola-pola, dan&#xD; berpikir secara kritis sehingga membuat siswa terampil dalam menyelesaikan&#xD; matematika. Oleh karena itu, perlu suatu penelitian dengan menerapkan model&#xD; pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan tersebut. Penelitian bertujuan&#xD; untuk menyelidiki ada tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah&#xD; matematis antara siswa yang mengikuti model problem based instruction dengan&#xD; siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional jika ditinjau dari kemandirian&#xD; belajar tinggi, sedang, dan rendah pada siswa kelas VIII Sekolah Menengah&#xD; Pertama Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan&#xD; desain yang digunakan adalah The Nonequivalent Posttest-Only Control Grup&#xD; Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP ISLAM ASSHOFA&#xD; Pekanbaru.&#xD; Sampel&#xD; dalam&#xD; penelitian&#xD; ini&#xD; adalah&#xD; kelas&#xD; VIII.3&#xD; sebagai&#xD; kelas&#xD; &#xD; kontrol&#xD; dan&#xD; kelas&#xD; VIII.1&#xD; sebagai&#xD; kelas&#xD; eksperimen.&#xD; Teknik&#xD; sampel&#xD; yang&#xD; digunakan&#xD; &#xD; dalam&#xD; &#xD; penelitian ini adalah Purposive Sampling. Analisis data yang digunakan&#xD; peneliti yaitu dengan menggunakan uji anova dua jalan. Berdasarkan hasil analisis&#xD; data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan&#xD; pemecahan masalah matematis antara siswa yang menggunakan model problem&#xD; based instruction dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, 2)&#xD; Terdapat pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan&#xD; masalah siswa, 3) Tidak terdapat interaksi faktor model pembelajaran dan&#xD; kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.&#xD; Dengan demikian secara umum, terdapat pengaruh yang signifikan model&#xD; problem based instruction terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis&#xD; ditinjau dari kemandirian belajar siswa Sekolah Menengah Pertama Pekanbaru.&#xD; &#xD; Kata kunci: Model Problem Based Instruction, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kemandirian Belajar, Quasi Eksperimen, Sekolah Mengah Pertama</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13243/1/1.%20COVER_2018630PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13243/2/2.%20PENGESAHAN_2018630PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13243/3/3.%20ABSTRAK_2018630PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13243/4/4.%20PENGHARGAAN_2018630PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13243/5/5.%20DAFTAR%20ISI_2018630PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13243/6/6.%20BAB%20I_2018630PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13243/7/7.%20BAB%20II_2018630PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13243/8/8.%20BAB%20III_2018630PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13243/9/9.%20BAB%20IV_2018630PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13243/10/10.%20BAB%20V_2018630PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13243/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA_2018630PMT.pdf</identifier><identifier> M. RAFKI SARKAWI, (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>13243</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author M. RAFKI SARKAWI,
title PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PEKANBARU
publishDate 2018
topic 371.3 Metode Belajar Mengajar
Kegiatan Belajar Mengajar
url http://repository.uin-suska.ac.id/13243/1/1.%20COVER_2018630PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13243/2/2.%20PENGESAHAN_2018630PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13243/3/3.%20ABSTRAK_2018630PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13243/4/4.%20PENGHARGAAN_2018630PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13243/5/5.%20DAFTAR%20ISI_2018630PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13243/6/6.%20BAB%20I_2018630PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13243/7/7.%20BAB%20II_2018630PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13243/8/8.%20BAB%20III_2018630PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13243/9/9.%20BAB%20IV_2018630PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13243/10/10.%20BAB%20V_2018630PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13243/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA_2018630PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13243/
contents Kemampuan pemecahan masalah matematis adalah kemampuan yang mengarahkan siswa untuk melakukan investigasi, mengeksplorasi pola-pola, dan berpikir secara kritis sehingga membuat siswa terampil dalam menyelesaikan matematika. Oleh karena itu, perlu suatu penelitian dengan menerapkan model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan tersebut. Penelitian bertujuan untuk menyelidiki ada tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mengikuti model problem based instruction dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional jika ditinjau dari kemandirian belajar tinggi, sedang, dan rendah pada siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah The Nonequivalent Posttest-Only Control Grup Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP ISLAM ASSHOFA Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu dengan menggunakan uji anova dua jalan. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang menggunakan model problem based instruction dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, 2) Terdapat pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa, 3) Tidak terdapat interaksi faktor model pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Dengan demikian secara umum, terdapat pengaruh yang signifikan model problem based instruction terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari kemandirian belajar siswa Sekolah Menengah Pertama Pekanbaru. Kata kunci: Model Problem Based Instruction, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kemandirian Belajar, Quasi Eksperimen, Sekolah Mengah Pertama
id IOS7815.13243
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2019-07-31T02:10:53Z
last_indexed 2019-07-31T02:10:53Z
recordtype dc
_version_ 1674821994102652928
score 17.538404