PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PEKANBARU
ctrlnum |
13243 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/13243/</relation><title>PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PEKANBARU</title><creator>M. RAFKI SARKAWI, </creator><subject>371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar</subject><description>Kemampuan pemecahan masalah matematis adalah kemampuan yang
mengarahkan siswa untuk melakukan investigasi, mengeksplorasi pola-pola, dan
berpikir secara kritis sehingga membuat siswa terampil dalam menyelesaikan
matematika. Oleh karena itu, perlu suatu penelitian dengan menerapkan model
pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan tersebut. Penelitian bertujuan
untuk menyelidiki ada tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah
matematis antara siswa yang mengikuti model problem based instruction dengan
siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional jika ditinjau dari kemandirian
belajar tinggi, sedang, dan rendah pada siswa kelas VIII Sekolah Menengah
Pertama Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan
desain yang digunakan adalah The Nonequivalent Posttest-Only Control Grup
Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP ISLAM ASSHOFA
Pekanbaru.
Sampel
dalam
penelitian
ini
adalah
kelas
VIII.3
sebagai
kelas

kontrol
dan
kelas
VIII.1
sebagai
kelas
eksperimen.
Teknik
sampel
yang
digunakan

dalam

penelitian ini adalah Purposive Sampling. Analisis data yang digunakan
peneliti yaitu dengan menggunakan uji anova dua jalan. Berdasarkan hasil analisis
data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan
pemecahan masalah matematis antara siswa yang menggunakan model problem
based instruction dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, 2)
Terdapat pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan
masalah siswa, 3) Tidak terdapat interaksi faktor model pembelajaran dan
kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Dengan demikian secara umum, terdapat pengaruh yang signifikan model
problem based instruction terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis
ditinjau dari kemandirian belajar siswa Sekolah Menengah Pertama Pekanbaru.

Kata kunci: Model Problem Based Instruction, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kemandirian Belajar, Quasi Eksperimen, Sekolah Mengah Pertama</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13243/1/1.%20COVER_2018630PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13243/2/2.%20PENGESAHAN_2018630PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13243/3/3.%20ABSTRAK_2018630PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13243/4/4.%20PENGHARGAAN_2018630PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13243/5/5.%20DAFTAR%20ISI_2018630PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13243/6/6.%20BAB%20I_2018630PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13243/7/7.%20BAB%20II_2018630PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13243/8/8.%20BAB%20III_2018630PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13243/9/9.%20BAB%20IV_2018630PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13243/10/10.%20BAB%20V_2018630PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13243/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA_2018630PMT.pdf</identifier><identifier> M. RAFKI SARKAWI, (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>13243</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
M. RAFKI SARKAWI, |
title |
PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PEKANBARU |
publishDate |
2018 |
topic |
371.3 Metode Belajar Mengajar Kegiatan Belajar Mengajar |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/13243/1/1.%20COVER_2018630PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13243/2/2.%20PENGESAHAN_2018630PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13243/3/3.%20ABSTRAK_2018630PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13243/4/4.%20PENGHARGAAN_2018630PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13243/5/5.%20DAFTAR%20ISI_2018630PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13243/6/6.%20BAB%20I_2018630PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13243/7/7.%20BAB%20II_2018630PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13243/8/8.%20BAB%20III_2018630PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13243/9/9.%20BAB%20IV_2018630PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13243/10/10.%20BAB%20V_2018630PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13243/11/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA_2018630PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13243/ |
contents |
Kemampuan pemecahan masalah matematis adalah kemampuan yang
mengarahkan siswa untuk melakukan investigasi, mengeksplorasi pola-pola, dan
berpikir secara kritis sehingga membuat siswa terampil dalam menyelesaikan
matematika. Oleh karena itu, perlu suatu penelitian dengan menerapkan model
pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan tersebut. Penelitian bertujuan
untuk menyelidiki ada tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah
matematis antara siswa yang mengikuti model problem based instruction dengan
siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional jika ditinjau dari kemandirian
belajar tinggi, sedang, dan rendah pada siswa kelas VIII Sekolah Menengah
Pertama Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan
desain yang digunakan adalah The Nonequivalent Posttest-Only Control Grup
Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP ISLAM ASSHOFA
Pekanbaru.
Sampel
dalam
penelitian
ini
adalah
kelas
VIII.3
sebagai
kelas
kontrol
dan
kelas
VIII.1
sebagai
kelas
eksperimen.
Teknik
sampel
yang
digunakan
dalam
penelitian ini adalah Purposive Sampling. Analisis data yang digunakan
peneliti yaitu dengan menggunakan uji anova dua jalan. Berdasarkan hasil analisis
data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan
pemecahan masalah matematis antara siswa yang menggunakan model problem
based instruction dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, 2)
Terdapat pengaruh kemandirian belajar siswa terhadap kemampuan pemecahan
masalah siswa, 3) Tidak terdapat interaksi faktor model pembelajaran dan
kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Dengan demikian secara umum, terdapat pengaruh yang signifikan model
problem based instruction terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis
ditinjau dari kemandirian belajar siswa Sekolah Menengah Pertama Pekanbaru.
Kata kunci: Model Problem Based Instruction, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kemandirian Belajar, Quasi Eksperimen, Sekolah Mengah Pertama |
id |
IOS7815.13243 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:10:53Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:10:53Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821994102652928 |
score |
17.538404 |