Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan LKS berbasis model Learning Cycle “5E” yang valid, praktis dan efektif dalam memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan di MA Mua’llimin Muhammadiyah Bangkinang. Subjek penelitian adalah siswa kelas X.A dan objek penelitian adalah LKS berbasis model Learning Cycle “5E”. Jenis data yang diambil dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa angket uji validitas, angket uji praktikalitas, dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kualitas LKS yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid (84,5%) dan praktis ( untuk kelompok kecil dan untuk kelompok besar). Sedangkan nilai sebesar dan nilai pada taraf signifikan sebesar maka atau , sehingga diterima dan ditolak. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan berpikir kreatif matematis antara siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol. Hal tersebut menunjukkan bahwa LKS berbasis model Learning Cycle “5E” ini telah valid, praktis dan efektif dalam memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Kata Kunci: LKS, Model Learning Cycle “5E”, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis