ctrlnum 13239
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/13239/</relation><title>PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 26 PEKANBARU</title><creator>MUHAMMAD IHSAN, </creator><subject>371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar</subject><description>Penelitian yang dilakukan ini didasarkan kepada permasalahan rendahnya &#xD; kemampuan representasi matematis siswa dan kurangnya metode yang dilakukan&#xD; pada pembelajaran yang ada. Usaha yang dilakukan peneliti dalam hal ini adalah&#xD; menerapkan pembelajaran pendekatan RME (Realistic Mathematics Education)&#xD; diharapkan bisa meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa.&#xD; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan&#xD; kemampuan representasi matematis siswa yang belajar menggunakan pendekatan&#xD; RME dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional jika&#xD; berdasarkan kemampuan awal matematika siswa SMP Negeri 26 Pekanbaru.&#xD; Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan&#xD; adalah nonequivalent Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah&#xD; siswa kelas VII SMP Negeri 26 Pekanbaru. Sampel pada penelitian ini adalah&#xD; VII.3 sebagai kelas kontrol dan VII.5 sebagai kelas eksperimen. Instrumen&#xD; pengumpulan data berupa observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunkan&#xD; peneliti yaitu uji-t, korelasi (Product Moment), dan anova dua arah (two Factorial&#xD; design). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) Terdapat&#xD; perbedaan kemampuan representasi matematis antara siswa yang mengikuti&#xD; pembelajaran dengan pendekatan RME dengan siswa yang mengikuti&#xD; pembelajaran konvensional. (2) Terdapat kontribusi yang diberikan kemampuan&#xD; awal matematika terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas&#xD; eksperimen. (3) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan pendekatan&#xD; RME terhadap kemampuan representasi matematis siswa ditinjau dari&#xD; kemampuan awal matematika siswa. Dengan demikian secara umum pendekatan&#xD; RME berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis berdasarkan&#xD; kemampuan awal matematika siswa SMP Negeri 26 Pekanbaru. &#xD; &#xD; Kata kunci: Pendekatan RME (Realistic Mathematics Education),&#xD; Kemampuan Representasi Matematis, Kemampuan Awal&#xD; Matematika, Quasi Eksperimen</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13239/1/1.%20COVER_2018626PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13239/2/2.%20PENGESAHAN_2018626PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13239/3/3.%20ABSTRAK_2018626PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13239/4/4.%20PENGHARGAAN_2018626PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13239/5/5.%20DAFTAR%20ISI_2018626PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13239/6/6.%20BAB%20I_2018626PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13239/7/7.%20BAB%20II_2018626PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13239/8/8.%20BAB%20III_2018626PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13239/11/9.%20BAB%20IV_2018626PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13239/9/10.%20BAB%20V_2018626PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13239/10/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA_2018626PMT.pdf</identifier><identifier> MUHAMMAD IHSAN, (2018) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 26 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>13239</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author MUHAMMAD IHSAN,
title PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 26 PEKANBARU
publishDate 2018
topic 371.3 Metode Belajar Mengajar
Kegiatan Belajar Mengajar
url http://repository.uin-suska.ac.id/13239/1/1.%20COVER_2018626PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13239/2/2.%20PENGESAHAN_2018626PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13239/3/3.%20ABSTRAK_2018626PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13239/4/4.%20PENGHARGAAN_2018626PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13239/5/5.%20DAFTAR%20ISI_2018626PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13239/6/6.%20BAB%20I_2018626PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13239/7/7.%20BAB%20II_2018626PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13239/8/8.%20BAB%20III_2018626PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13239/11/9.%20BAB%20IV_2018626PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13239/9/10.%20BAB%20V_2018626PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13239/10/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA_2018626PMT.pdf
http://repository.uin-suska.ac.id/13239/
contents Penelitian yang dilakukan ini didasarkan kepada permasalahan rendahnya kemampuan representasi matematis siswa dan kurangnya metode yang dilakukan pada pembelajaran yang ada. Usaha yang dilakukan peneliti dalam hal ini adalah menerapkan pembelajaran pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) diharapkan bisa meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan kemampuan representasi matematis siswa yang belajar menggunakan pendekatan RME dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional jika berdasarkan kemampuan awal matematika siswa SMP Negeri 26 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan adalah nonequivalent Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 26 Pekanbaru. Sampel pada penelitian ini adalah VII.3 sebagai kelas kontrol dan VII.5 sebagai kelas eksperimen. Instrumen pengumpulan data berupa observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunkan peneliti yaitu uji-t, korelasi (Product Moment), dan anova dua arah (two Factorial design). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) Terdapat perbedaan kemampuan representasi matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan RME dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. (2) Terdapat kontribusi yang diberikan kemampuan awal matematika terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas eksperimen. (3) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan pendekatan RME terhadap kemampuan representasi matematis siswa ditinjau dari kemampuan awal matematika siswa. Dengan demikian secara umum pendekatan RME berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis berdasarkan kemampuan awal matematika siswa SMP Negeri 26 Pekanbaru. Kata kunci: Pendekatan RME (Realistic Mathematics Education), Kemampuan Representasi Matematis, Kemampuan Awal Matematika, Quasi Eksperimen
id IOS7815.13239
institution Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 47
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
library_id 4
collection Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau
repository_id 7815
city KOTA PEKANBARU
province RIAU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS7815
first_indexed 2019-07-31T02:10:53Z
last_indexed 2019-07-31T02:10:53Z
recordtype dc
_version_ 1674821994085875712
score 17.538404