PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 26 PEKANBARU
ctrlnum |
13239 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uin-suska.ac.id/13239/</relation><title>PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 26 PEKANBARU</title><creator>MUHAMMAD IHSAN, </creator><subject>371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar</subject><description>Penelitian yang dilakukan ini didasarkan kepada permasalahan rendahnya 
kemampuan representasi matematis siswa dan kurangnya metode yang dilakukan
pada pembelajaran yang ada. Usaha yang dilakukan peneliti dalam hal ini adalah
menerapkan pembelajaran pendekatan RME (Realistic Mathematics Education)
diharapkan bisa meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan
kemampuan representasi matematis siswa yang belajar menggunakan pendekatan
RME dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional jika
berdasarkan kemampuan awal matematika siswa SMP Negeri 26 Pekanbaru.
Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan
adalah nonequivalent Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah
siswa kelas VII SMP Negeri 26 Pekanbaru. Sampel pada penelitian ini adalah
VII.3 sebagai kelas kontrol dan VII.5 sebagai kelas eksperimen. Instrumen
pengumpulan data berupa observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunkan
peneliti yaitu uji-t, korelasi (Product Moment), dan anova dua arah (two Factorial
design). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) Terdapat
perbedaan kemampuan representasi matematis antara siswa yang mengikuti
pembelajaran dengan pendekatan RME dengan siswa yang mengikuti
pembelajaran konvensional. (2) Terdapat kontribusi yang diberikan kemampuan
awal matematika terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas
eksperimen. (3) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan pendekatan
RME terhadap kemampuan representasi matematis siswa ditinjau dari
kemampuan awal matematika siswa. Dengan demikian secara umum pendekatan
RME berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis berdasarkan
kemampuan awal matematika siswa SMP Negeri 26 Pekanbaru. 

Kata kunci: Pendekatan RME (Realistic Mathematics Education),
Kemampuan Representasi Matematis, Kemampuan Awal
Matematika, Quasi Eksperimen</description><date>2018</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13239/1/1.%20COVER_2018626PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13239/2/2.%20PENGESAHAN_2018626PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13239/3/3.%20ABSTRAK_2018626PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13239/4/4.%20PENGHARGAAN_2018626PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13239/5/5.%20DAFTAR%20ISI_2018626PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13239/6/6.%20BAB%20I_2018626PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13239/7/7.%20BAB%20II_2018626PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13239/8/8.%20BAB%20III_2018626PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13239/11/9.%20BAB%20IV_2018626PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13239/9/10.%20BAB%20V_2018626PMT.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uin-suska.ac.id/13239/10/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA_2018626PMT.pdf</identifier><identifier> MUHAMMAD IHSAN, (2018) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 26 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. </identifier><recordID>13239</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
MUHAMMAD IHSAN, |
title |
PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS BERDASARKAN KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 26 PEKANBARU |
publishDate |
2018 |
topic |
371.3 Metode Belajar Mengajar Kegiatan Belajar Mengajar |
url |
http://repository.uin-suska.ac.id/13239/1/1.%20COVER_2018626PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13239/2/2.%20PENGESAHAN_2018626PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13239/3/3.%20ABSTRAK_2018626PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13239/4/4.%20PENGHARGAAN_2018626PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13239/5/5.%20DAFTAR%20ISI_2018626PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13239/6/6.%20BAB%20I_2018626PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13239/7/7.%20BAB%20II_2018626PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13239/8/8.%20BAB%20III_2018626PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13239/11/9.%20BAB%20IV_2018626PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13239/9/10.%20BAB%20V_2018626PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13239/10/11.%20DAFTAR%20PUSTAKA_2018626PMT.pdf http://repository.uin-suska.ac.id/13239/ |
contents |
Penelitian yang dilakukan ini didasarkan kepada permasalahan rendahnya
kemampuan representasi matematis siswa dan kurangnya metode yang dilakukan
pada pembelajaran yang ada. Usaha yang dilakukan peneliti dalam hal ini adalah
menerapkan pembelajaran pendekatan RME (Realistic Mathematics Education)
diharapkan bisa meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan
kemampuan representasi matematis siswa yang belajar menggunakan pendekatan
RME dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional jika
berdasarkan kemampuan awal matematika siswa SMP Negeri 26 Pekanbaru.
Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dan desain yang digunakan
adalah nonequivalent Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini adalah
siswa kelas VII SMP Negeri 26 Pekanbaru. Sampel pada penelitian ini adalah
VII.3 sebagai kelas kontrol dan VII.5 sebagai kelas eksperimen. Instrumen
pengumpulan data berupa observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunkan
peneliti yaitu uji-t, korelasi (Product Moment), dan anova dua arah (two Factorial
design). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) Terdapat
perbedaan kemampuan representasi matematis antara siswa yang mengikuti
pembelajaran dengan pendekatan RME dengan siswa yang mengikuti
pembelajaran konvensional. (2) Terdapat kontribusi yang diberikan kemampuan
awal matematika terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas
eksperimen. (3) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan pendekatan
RME terhadap kemampuan representasi matematis siswa ditinjau dari
kemampuan awal matematika siswa. Dengan demikian secara umum pendekatan
RME berpengaruh terhadap kemampuan representasi matematis berdasarkan
kemampuan awal matematika siswa SMP Negeri 26 Pekanbaru.
Kata kunci: Pendekatan RME (Realistic Mathematics Education),
Kemampuan Representasi Matematis, Kemampuan Awal
Matematika, Quasi Eksperimen |
id |
IOS7815.13239 |
institution |
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
47 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau |
library_id |
4 |
collection |
Institutional Repository UIN Sultan Syarif Kasim Riau |
repository_id |
7815 |
city |
KOTA PEKANBARU |
province |
RIAU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS7815 |
first_indexed |
2019-07-31T02:10:53Z |
last_indexed |
2019-07-31T02:10:53Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1674821994085875712 |
score |
17.538404 |