HUBUNGAN ANTARA KEDISIPLINAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 10 PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan antara Kedisiplinan Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Pekanbaru. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2017 sampai Februari 2018 bertempat di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Pekanbaru, sedangkan objek penelitian ini adalah Hubungan antara Kedisiplinan Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Pekanbaru. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Pekanbaru yang berjumlah 1026 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data untuk variabel independent menggunakan angket dalam bentuk skala likert dan untuk variabel dependent dalam bentuk dokumentasi. Untuk menjawab rumusan masalah pertama data di analisis secara deskriptif kuantitatif dengan persentase, untuk menjawab rumusan masalah kedua data di analisis dengan menggunakan rumus mean, dan untuk menganalisis pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik Product Moment. Berdasarkan teknik analisis data maka disimpulkan bahwa kedisiplinan belajar siswa tergolong “tinggi”, hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tergolong “baik sekali”, serta terdapat hubungan yang signifikan antara Kedisiplinan Belajar dengan Hasil Belajar Siswa kelas VIII pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Pekanbaru. Kata Kunci: Kedisipilinan Belajar, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam