ANALISIS EFEKTIFITAS PENILAIAN KINERJA GURU MATA PELAJARAN EKONOMI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2PEKANBARU
Daftar Isi:
- Guru atau tenaga pengajar secara profesional merupakan profesi atau pekerjaan yang memerlukan kaahlian khusus, karena jenis pekerjaan itu tidak dapat dilakukan oleh sembarang orang, yang posisinya berada di luar bidang pendidikan, khususnya di bidang keguruan. Menjadi seorang guru juga harus memiliki panggilan jiwa yang dapat ditandai dengan cara melakukan suatu pekerjaan mengajar dengan sepenuh hati dan harus mengetahui kode etik seorang guru, karena guru merupakan orang yang di “gugu” dan di “tiru”. Guru juga menjadi panutan yang dijadikan “teladan” oleh murid-murid. Berdasarkan latar belakang masalah yang telah di paparkan, maka dapat diidentifikasi masalahmasalah yang relevan dengan penelitian ini, yaitu: penilaian kinerja guru mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pekanbaru sudah efektif dengan persentase 84%. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran ekonomi berjumlah 10 orang dengan objek penelitian adalah analisis efektivitas penilaian kinerja guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa secara keseluruhan peran guru membentuk kinerja guru yang efektif di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pekanbaru secara umun telah dilakukan guru dengan baik yang terbukti masih menggunakan penilaian kinerja guru di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pekanbaru. Kata Kunci: Efektifitas, Penilaian, Kinerja Guru.