PENGARUH PENGGUNAAN METODE BERCERITA TERHADAP PERKEMBANGAN NILAI-NILAI MORAL AGAMA PADA ANAK USIA DINI DI RAUDHATUL ATHFAL AL-MUTTAQIN PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode bercerita terhadap perkembangan nilai-nilai moral agama pada anak usia dini di Raudhatul Athfal Al-Muttaqin Pekanbaru.. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang menggunakan one-group pretest-posttest design untuk mengetahui perbandingan sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Subjek penelitian ini berjumlah 10 orang anak pada kelas eksperimen dan 10 orang anak pada kelas kontrol, dengan objek perkembangan nilai-nilai moral dan agama. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji t-test dengan menggunakan program SPSS Windows ver. 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung = 46, 819 dengan Sig = 0,000. Karena nilai sig < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan setelah pemberian perlakuan dalam metode bercerita. jadi Ho ditolak Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh sebelum dan sesudah diberi perlakuan terhadap perkembangan nilai-nilai moral dan agama pada anak. Pengaruh penggunaan metode bercerita terhadap perkembangan nilainilai moral dan agama pada anak usia dini di Raudhatul Athfal Al-Muttaqin Pekanbaru. Dengan hasil 88,78% Kata Kunci: Penggunaan Metode Bercerita, Perkembangan Nilai-nilai Moral Agama