PENGARUH HARGA, MERCHANDISE DAN SUASANA TOKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA MALAYA MART BANGKINANG
Daftar Isi:
- Dewasa ini ada kecenderungan berubahnya motif seseorang untuk berbelanja, dimana kegiatan berbelanja tidak hanya sebagai kegiatan fungsional untuk membeli barang kebutuhan saja, tetapi juga kegiatan untuk rekreasi, hiburan atau hanya untuk pelepas stress. Dalam penelitian ini dirumuskan masalah adalah seberapa besar pengaruh Harga, Merchandise, dan Suasana Toko terhadap keputusan pembelian konsumen pada Malaya Mart Bangkinang. Penelitian ini menggunakan tiga variable bebas yaitu Harga, Merchandise, Suasana Toko dan satu variable terikat yaitu keputusan pembelian konsumen. Penarikan sampel menggunakan incidental sampling dan sampel 100 orang. Hipotesis : diduga variable Harga, Merchandise, dan Suasana Toko secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, dan diduga variable Harga, Merchandise, dan Suasana Toko secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Berdasarkan hasil perhitungan maka diperoleh sebagai berikut : secara simultan variable Harga, Merchandise, dan suasana toko signifikan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen, dimana F hitung > dari F table. Selanjutnya yaitu secara parsial variable Harga, Merchandise, dan Suasana Toko signifikan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen pada Mlaya Mart Bangkinang, yaitu dengan nilai t hitung dari setiap variable bebas lebih besar dari t table. Dari ketiga variabel bebas yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen pada Malaya Mart Bangkinang adalah variable Merchandise. Berdasarkan penelitian ini, penulis menyarankan kepada pihak Malaya Mart Bangkinang untuk mempertahankan elemen Suasana Toko, dan lebih memperbaiki elemen Harga, dan Merchandise. Kata kunci : Harga, Merchandise, Suasana Toko, Keputusan Pembelian.