Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konsep diri terhadap tingkat kemandirian siswa dalam belajar. Sedangkan jenis penelitian ini adalah korelasi dimana subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X, sedangkan objeknya adalah pengaruh konsep diri terhadap tingkat kemandirian siswa dalam belajar. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X yang berjumlah 48 orang, mengingat populasi dalam penelitian ini tidak semua siswa memiliki konsep diri positif, maka penulis melakukan penarikan sampel dengan teknik Purposive Samplingsehingga terdapat jumlah 25 orang yang memiliki konsep diri positif sebagai sampelnya. Teknik analisis data yang digunakan untuk uji hipotesis adalah menggunakan rumus regresi linier. Berdasarkan hasil penelitian dimana ro (observasi) = 0,489 bila dibandingkan dengan r (tabel) pada taraf signifikan 5% atau (0,489>0,396) maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara konsep diri terhadap tingkat kemandirian siswa dalam belajar di Sekolah Menengah Atas IT AL-ITTIHAD Rumbai-Pekanbaru. Kata Kunci: Konsep Diri, Kemandirian Siswa dalam Belajar