PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENDIDIKAN SOSIAL DI KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AZIZIYYAH PEKANBARU
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan di Kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Aziziyyah Pekanbaru. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang tidak mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan sekolah yaitu 78 dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 guru dan 28 siswa Sekolah Dasar Aziziyyah Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus setiap siklus dilakukan dua pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data yaitu observasi, tes, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data bahwa penerapan model pembelajaran Mind Mapping menunjukkan hasil belajar siswa sebelum tindakan hanya mencapai rata-rata 70,42 dengan ketuntasan klasikal 39,28%. Kemudian setelah menerapkan model Pembelajaran Mind Mapping pada siklus I hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata 75,46 dengan ketuntasan klasikal 53,57%. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan rata-rata 80,21 dengan ketuntasan klasikal 78,57%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas V Sekolah Dasar Islam Terpadu Aziziyyah Pekanbaru. Kata Kunci: Model Pembelajaran Mind Mapping, Hasil Belajar siswa